PERBANDINGAN KASUS MASTITIS PADA SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN YANG DIPERAH SECARA MANUAL DAN DIPERAH MENGGUNAKAN MESIN PERAH

JEFRY TRIBUDI SETIAWAN, 061310113043 (2016) PERBANDINGAN KASUS MASTITIS PADA SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN YANG DIPERAH SECARA MANUAL DAN DIPERAH MENGGUNAKAN MESIN PERAH. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.KT.19-16 Set p abstrak-ilovepdf-compressed.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.KT.19-16 Set p-ilovepdf-compressed.pdf

Download (596kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan Hasil Laporan Tugas Akhir (TA) mengenai perbandingan banyaknya kasus mastitis yang terjadi akibat dari sistem pemerahan secara manual dan sistem pemerahan dengan menggunakan mesin perah di STPP Malang dapat disimpulkan bahwa : hasil pemerahan secara manual dapat menurunkan resiko penyebaran mastitis karena pemerahannya bisa sampai tuntas dan pelaksanannya cukup baik. Pada pemerahan menggunakan mesin perah tidak dapat menurunkan resiko penyakit mastitis karena dalam pelaksanaannya tidak dilakuan dengan baik dan benar. Dengan demikian petugas Kesehatan Hewan dan Instalasi Ternak Besar di STPP Malang kemungkinan besar akan beralih dari pemerahan menggunakan mesin perah ke pemerahan manual menggunakan tangan untuk menurunkan kasus mastitis. 5.2 Saran Berdasarkan pengamatan Praktek Kerja Lapangan di STPP Malang adapun saran yang penulis dapat sampaikan adalah : 1. Sebaiknya petugas Kesehatan Hewan dan Instalasi Ternak Besar di STPP Malang mengupayakan pengobatan terhadap sapi perah yang terinfeksi mastitis. 2. Adanya upaya perbaikan pengelolaan pada manajemen pemerahan, baik dari pegawainya maupun alat pemerahannya. 3. Sebaiknya susu dari sapi yang terinfeksi mastitis tidak diikutkan dijual kepada konsumen. 4. Diharapkan pimpinan maupun para pegawai STPP Malang lebih kritis terhadap masalah mastitis pada sapi perah tersebut. 5. Sebaiknya para pegawai STPP Malang lebih mempetimbangkan nilai ekonomis yang dihasilakan dari produksi ternak sapi perah tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.KT.19-16 Set p
Uncontrolled Keywords: MASTITIS, SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN, DIPERAH SECARA MANUAL, DIPERAH MENGGUNAKAN MESIN PERAH
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Kesehatan Ternak
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JEFRY TRIBUDI SETIAWAN, 061310113043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAT. Soelih Estoepangestie, Dr., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Feb 2017 18:31
Last Modified: 14 Jun 2017 16:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53698
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item