PENGARUH LAMA WAKTU PENDINGINAN TERHADAP ANGKA KUMAN (TPC) DAN KEBERADAAN Bacillus cereus DAN Clostridium perfringens DALAM SUSU PASTEURISASI

Nur Ducha, 089010181 (1995) PENGARUH LAMA WAKTU PENDINGINAN TERHADAP ANGKA KUMAN (TPC) DAN KEBERADAAN Bacillus cereus DAN Clostridium perfringens DALAM SUSU PASTEURISASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 473.95 due p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu usaha untuk mengawetkan makanan dari pengaruh lingkungan dan aktifitas mikroorganisme adalah pendinginan. Susu yang telah dipasteurisasi harus didinginkan, apabila tidak langsung dikonsumsi untuk mempertahankan mutu susu dan menjaga agar bakteri yang masih ada di dalam susu pasteurisasi terutama bakteri yang berspora tetap hidup atau tahan hidup tidak sampai berkembang biak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama waktu pendinginan terhadap angka kuman dalam susu pasteurisasi, serta untuk mengetahui pengaruh lama waktu pendinginan terhadap keberadaan Clostridium perfringens dan Baoillus cereus pada susu pasteurisasi. Sampel diambil dari KUD Pacet Mojokerto pada pukul 07.00 WIB. dimasukkan dalam ice box dan dibawa ke Laboratorium Mikrobiologi Balai Laboratorium Kesehatan, Jalan Karangmenjangan Surabaya. Kemudian dilakukan pendinginan dengan suhu±4~ dalam waktu yang berbeda, terhitung dari tempat pengambilan sampel sampai ke Balai Laboratorium Kesehatan Surabaya ( selama l~Jjam. 3 jam, 4~jam dan 6 jam) . Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah angka kuman sesuai dengan lama waktu pendi nginan dalam susu pasteurisasi yang telah diperiksa. Dalam susu pasteurisasi yang diperiksa, ditemukan koloni Bacillus cereus, sedangkan koloni Clostridium perfring~ns tidak ditemukan. Rata-rata dari hasil penelitian menunjukkan bahwa koloni Bacillus cereus semakin meningkat sesuai dengan lama waktu pendinginan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 473.95 due p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nur Ducha, 089010181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJ. Soemartojo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2017 23:32
Last Modified: 01 Mar 2017 23:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item