PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ULFI MUKAROMAH, 041013326 (2013) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A.91-13 Muk p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya ketidakkonsistenan hasil penelitian mengenai pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap reaksi investor membuat hal ini menarik untuk dilakukan pengujian kembali. Pengungkapan CSR yang tepat dan sesuai harapan stakeholder sebagai sinyal berupa goodnews yang diberikan oleh pihak manajemen kepada publik diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan nilai perusahaan melalui peningkatan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial terhadap reaksi pasar yang diproksikan dengan Cumulative Abnormal Return. Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis model regresi berganda untuk mengetahui arah dan hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2011 dan mengeluarkan sustainability report dengan menggunakan indeks Global Reporting Initiative (GRI) sebagai pedoman pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dimensi ekonomi, lingkungan dan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap Cummulative Abnormal Return. Hasil ini berbeda dengan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Cheng dan Christiawan (2011) yang menyatakan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap CAR. Dan hasil penelitian ini mendukung penelitian yang telah dilakukan oleh Restuningdiah (2007) yang menyatakan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap Earning Response Coefficient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.91/13 Muk p
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Cummulative Abnormal Return
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ULFI MUKAROMAH, 041013326UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorYustrida Bernawati, Dra.,M.Si.,Ak.,CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 07 Jun 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 02:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item