PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER, DAN YOUTUBE UNTUK MEMBANGUN CONSUMER BRAND RELATIONSHIP OLEH PEMASAR MEREK DI INDONESIA

ARDI MEIDIANTO PUTRA, 041012072 (2014) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER, DAN YOUTUBE UNTUK MEMBANGUN CONSUMER BRAND RELATIONSHIP OLEH PEMASAR MEREK DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putraardim-33310-5.abstr-i.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
48.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Media sosial telah digunakan oleh banyak pemasar di Indonesia untuk membangun consumer brand relationship dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan pemasar untuk membangun consumer brand relationship adalah dengan membuat sebuah akun merek (brand account) pada media sosial baik Facebook, Twitter maupun YouTube. Di samping itu, banyak pemasar merek yang menggunakan media sosial untuk membentuk sebuah hubungan melalui berinteraksi dengan konsumen namun masih belum memanfaatkannya secara maksimal, mulai dari cara membuat brandpost sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga akan menghasilkan respon positif dari konsumen hingga keaktifan merek dalam memberikan tanggapan dari komentar konsumen. Namun sayangnya penelitian mengenai hal ini masih sangat terbatas. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji aktivitas consumer-brand relationship yang dibangun oleh pemasar merek di Indonesia pada Facebook, Twitter, dan YouTube Data diperoleh dari brandpost pada Facebook, Twitter dan YouTube, sejak 1 Januari 2014 hingga 31 Maret 2014. Total terdapat 2.040 brandpost dari 10 merekmerek barang dan jasa di Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis isi kuantitatif (quantitative content analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasar merek lebih banyak memposting brandpost yang bersifat informational dibandingkan entertainment dalam membangun consumer brand relationship. Terdapat perbedaan antara bentuk interactivity brandpost dengan jumlah respon konsumen dan juga terdapat perbedaan antara isi informational dan entertainment brandpost terhadap jumlah comment/reply konsumen. Merek produk barang dan merek produk jasa juga memiliki beberapa perbedaan dalam membangun hubungan dengan konsumen melalui media social.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.186/14 Put p
Uncontrolled Keywords: MARKETING - MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARDI MEIDIANTO PUTRA, 041012072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSony Kusumasondjaja, SE.,MCom.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 24 Sep 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item