PERLAKUAN AKUNTANSI KOMERSIAL DAN PERPAJAKAN ATAS SELISIH KURS VALUTA ASING AKIBAT DEPRESIASI LUAR BIASA MATA UANG RUPIAH DAN PENGARUHNYA PADA LAPORAN KEUANGAN PT. 'X' DI SURABAYA

J.N. TRI KRISTANTO W.W., 049510775 E (2001) PERLAKUAN AKUNTANSI KOMERSIAL DAN PERPAJAKAN ATAS SELISIH KURS VALUTA ASING AKIBAT DEPRESIASI LUAR BIASA MATA UANG RUPIAH DAN PENGARUHNYA PADA LAPORAN KEUANGAN PT. 'X' DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 146-01 INT P 049510775 E.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui perlakuan akuntansi komersial dan perlakuan perpajakan terhadap selisih kurs val uta asing yang terjadi dengan adanya transaksi-transaksi dalam val uta asing selama peri ode 1997 saat terjadinya depresiasi luar biasa mata uang rupiah, yang didasarkan dengan SAK dan Peraturan perpajakan. Studi dilakukan di PT "X' Surabaya, suatu perusahaan yang bergerak dibidang industri dan perdagangan mesin jahit dan alat rumah tangga lainnya. Studi dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-studi kasus, dan teknik analisis komparatif Hasilnya menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi komersial yang diterapkan oleh perusahaan telah sesuai dengan PSAK No. 10. Demikian halnya dengan pelaksanaan kapitalisasi blaya selisih k1lrsyang timbul ke dalam aktiva tetap mesin sesuai dengan ISAK No. 4 dapat meringankan beban peru1ahaan yang timbul dan adanya rugi selisih kurs yang san/:,'tlt besar. Selanjutnya dari segi pcrpajakan, dalam menentukan besarnya penghasilan kena pajak dan besamya pajak penghasilan yang harus dibayar, perusahaan telah mcnerapkan ketentuan perpajakan sehubungan dengan adanya depresiasi luar biasa ini yaitu SE Dirjen Pajak No. SE-12/PJ.43/1997 tanggal 28 Agustus 1997 tentang Perlakuan Pajak Penghasilan Tcrhadap Selisih Kurs Valuta Asing Dalam Tahun 1997. Dengan diterapkannya ketentuan-ketentuan tersebut perusahaan mengalami peningkatan laba bersih dan terhindar dari ancaman kebangkrutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 146-01 INT P (Fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: AKUNTANSI KOMERSIAL, PERPAJAKAN, KURS VALUTA ASING MATA UANG RUPIAH, LAPORAN KEUANGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
J.N. TRI KRISTANTO W.W., 049510775 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegeng Soetedjo, DR.H. SE.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Mar 2017 01:04
Last Modified: 03 Mar 2017 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item