KEBIJAKAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PERSEROAN TERBATAS PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) SURABAYA (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya)

MUHAMMAD IDRUS (2000) KEBIJAKAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PERSEROAN TERBATAS PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) SURABAYA (Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk A 148.00 Jdr k 049621035-E.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menghadapi persainlJ'lIl dan sifat pasar pada era globalisasi ini yang bercirikan makin seringnya selern konsumen mengalami perubahan baik sebagai akibat perubaban budays, wsial politik dan tingkat pendidikan menyebabkan perusalwm yang bergerak pada sek10r pertanian ditwltut mampu mengbadapi tantangan dan ketergantungannya pada musim agar kesinambungan produksi tetap terjaga dan serumtiasa bemda di pasat'. Sesuai dengan sifat usaha perkebunan yang sangat tergantung kepada musim, harga Irnmoditi yang dihasilkan sangat fluktuatif, serta peka terhadap perubahan sclera konsumen, maka sering terjadi aktiva tanaman belum mcncapai umur teknisl "konomisnya tc::rpaksa barns dibongkar dan diganti dengan tanaman yang lain sehingga menimbulkan kerugian culrup materii1 bagi perusabaan Semua perusalullm akan mempergunakan aktiva tetap untuk menjalankan usahanya Mempunyai pemnan penting bagi kontinuitas peru.sahaan brena fimgsinya sebagai operasional asset yang retatiC permanen. Manajernen perlu memberikan perhatian memailai, kesalalum mencatat, meny'\.iikan dan memanage aktiva tetap akan berpengmuh secam materiil terhadap kewajanm Iaporan keuanglllL Permasalahan yang dihadapi per1lsahaan adaIah timbul penyusutan tidak normal yang cenderung ditunda pembebanannya atas beban laba-rugi dengan alasan likuiditas yaitu perusahaan tidak cukup memiliki dana unruk mengganti aktiva tanaman yang secara ekonomisl teknis tidak dapat diusahakan !agi. Pendekatan penelitian yang digunalcan dalmn skripsi ini adaIah pendekatan deskriptif kwilitatif dan komparatif, dengan batasan penelitian pada akuntansi aktiva tetap dan penyusutan yang akan berpengaruh terhadap kewajaran laporan keuangan. Jenis data yang diganakan adaIah data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer melalui prosedur pengumpulan studi kepusta.kaan, dan penelitian lapangan melalui teknik observasi, ink:Iv:iew dan doJrurnenter. Setelah melakukan penelitian pada PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), ternyata pcnyusutan tidak nonna! tidak seluruhnya dibultukan dalam periode akuntansi Apabila laba pemsahaan cukup unruk menutup kerugian maka pads periode akuntansi itu juga seluruh kerugian dihukukan, sebalilrnya apabila tidak menculrupi maka sementara dibulmkan sebagian &tau ditunda seluruhnya sampai keadaan memungkinkan. Kehijakan akuntansi penyusutan lidak normal yang ditunda pembebanannya dengan aIasan laba tidak meru::ukupi (relatifkecil) atau fak:tor likuiditas yaitu tidak culrup memiliki dana untuk investasi penggantian aktiva bmamRn yang seeara telmisi ekonomis tidak dapat diusahakan I!lgi tidak sesuai dengan Standard Akuntansi Keuangan dan akan menantbah rangkaian masalab pada periode akuntansi berikutnya. Dengan demikian penyusutan tidak nonna! (y8llg dipercepat) secam konsisten perlu segem dibukukan pads tahun bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 148.00 Jdr k (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: AKUNTANSI AKTIVA TETAP, LAPORAN KEUANGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD IDRUSNIM049621035-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidi Hidayat, Drs., MSi, Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Mar 2017 01:27
Last Modified: 03 Mar 2017 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item