PENGARUH LEVERAGE OPERASI, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

ARLINA PARAMITA, 040510334 (2013) PENGARUH LEVERAGE OPERASI, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
A.78-13 Par p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perataan Laba dapat didefinisikan sebagai pengurangan yang disengaja terhadap fluktuasi pada beberapa level laba supaya dianggap normal bagi perusahaan (Albrecht dan Richardson, 1990:713-714). Praktik perataan laba tidak akan terjadi jika laba yang diharapkan tidak terlalu berbeda dengan laba yang sesungguhnya (Prasetio, 2002:5). Faktor-faktor yang diteliti adalah leverage operasi perusahaan, profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Indeks Eckel digunakan untuk menentukan perusahaan yang melakukan praktik perataan laba. Penelitian ini melibatkan 66 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode tahun antara 2008-2010. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi logistik berganda yang digunakan untuk menguji pengaruh leverage operasi, profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap perataan laba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia telah melakukan praktik perataan laba. Regresi logistik berganda menunjukkan bahwa kecuali profitabilitas perusahaan, faktor lainnya seperti leverage operasi, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba secara parsial, sedangkan secara simultan leverage operasi, profitabilitas perusahaan, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Perataan Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.78/13 Par p
Uncontrolled Keywords: perataan laba, leverage operasi, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ARLINA PARAMITA, 040510334UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorDian Agustia, Dr. Hj., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 12 Jun 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 03:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/539
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item