PENGARUH MINYAK ATSIRI TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa Roxb.) TERHADAP BIAKAN BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Shigella dysenteriae SECARA IN VITRO

Dwirini Kartikasari, 088910581 (1995) PENGARUH MINYAK ATSIRI TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa Roxb.) TERHADAP BIAKAN BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Shigella dysenteriae SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 475.95 kar p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya perkembangan industri obat modern yang semakin meningkat, tidak berarti meninggalkan pengobatan seeara tradisional. Bahkan dewasa ini peman~aatan potensi ~lora berkhasiat obat semakin populer dan dikembangkan, didukung kelebihan-kelebihan pengobatan tradisional yang bersi~at alamiah dan e~ek negati~nya yang sangat keeil dibanding obat-obatan sintetis. Penelitian ini ber-tujuan untuk mengetahui e~ek antibakteri minyak atsiri temu hitam dan pengaruh peningkatan konsentrasinya terhadap diameter zona hambatan yang terbentuk pada biakan bakteri. Diasumsikan bahwa minyak atsiri temu hitam mengandung zat akti~ curC"UlnCt yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Seperti yang disebutkan oleh Sri Mulyani (1988), minyak atsiri temu hitam mempunyai komponen penyusun antara lain sineol, kam~en, germakon, dan eureuma/eureumanolide yang berperan akti~ sebagai penghambat pertumbuhan bakteri. Yaitu mempunyai aktivitas enzim dalam metabolisme sel bakteri dan menghambat sintesis protein bakteri. Bakteri yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah Staphylococcus aureus dat-i kelopok gr-am positi~ dan Shisel.l.a dysenteri~ dar-i kelompok gt-am negati~. Sedang metode yang digunakan adalah metode sumuran agar (wells method) yang termasuk dalam metode penyebaran/ di~usi. Hasil yang diperoleh adalah terbentuknya zona hambatan pada biakan bakteri, yaitu daerah jernih disekeliling lubang perlakuan. Kesimpulan yang diperoleh, minyak atsiri temu hitam dapat menghambat pertumbuhan bak tet-i Staphylococcus Qureus dan Shisella dysenteri~ seeara in vitro. Dan dari hasil analisa data, ditarik kesimpulan bahwa zona hambatan pertumbuhan bakteri bertambah lebar pada pember ian minyak atsiri dengan konsentrasi yang makin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 475.95 kar p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwirini Kartikasari, 088910581UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJ. Soemartojo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2017 18:09
Last Modified: 05 Mar 2017 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item