STUDI EFISIENSI PARASITOID Diadegma eucerophaga Horstm. TERHADAP LARVA ULAT TRITIP ( Plutella xylostella L. ) PADA MEDIA KUBIS DAN MEDIA LOBAK

Anag Sofi, 089010786 (1995) STUDI EFISIENSI PARASITOID Diadegma eucerophaga Horstm. TERHADAP LARVA ULAT TRITIP ( Plutella xylostella L. ) PADA MEDIA KUBIS DAN MEDIA LOBAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 478.95 sof s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka tingkat kebutuhan terhadap produksi pertanian seperti sayur-sayuran, termasuk kubis dan lobak semakin meningkat! Oalam usaha meningkatkan produksi tanaman kubis dan lobak, serangga hama merupakan salah satu faktor penting yang perlu mendapat perhatian. Serangga hama yang sering terdapat pada tanaman kubis dan lobak adalah Plutella xylostella L. (Lepidoptera:Yponomeutidae) Hama P. xylostella dapat dikendalikan oleh parasitoid, terutama oleh Diadegma eucerophaga Horstm. (Hymenoptera: Ichneumonidae). Penelitian ini dirancang untuk menjawab beberapa permasalahan sebagai berikuti pertama, apakah ada perbedaan efisiensi parasitoid terhadap P. xy.lostella larva instar II dengan larva instar III pada media kubis; kedua, apakah ada perbedaan efisiensi parasitoid terhadap P. xylostella larva instar II dengan larva instar III pada media lobaki ketiga, apakah ada perbedaan efisiensi parasitoid terhadap larva P. xylostella pada media kubis dengan larva P. xylostella pada media lobak. Tujuan penelitian, ini adalah untuk mengetahui efisiensi parasi toid Diadegma eucerophaga Horstm. terhadap Plutella xylostella L. larva instar II dengan larva instar III pada media kubls dan pada media lobak. Penelitian menggunakan metode eksperimental dan rancarigan Blok Acak Lengkap dengan pola Faktorial 2 x 2, masing-masing perlakuan dengan 6 ulangan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian media kubis atau media lobak tidak menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap efisiensi parasitoid pada Plutella xylostella larva instar II dengan larva instar III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 478.95 sof s
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Anag Sofi, 089010786UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH.A. Soeparmo, Prof. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2017 18:45
Last Modified: 05 Mar 2017 18:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item