KADAR MERKURI DALAM TUBUH IKAN NILA (Oreochromisniloticus) JANTAN DAN BETINA DARI BERBAGAI KELOMPOK UMUR SETELAH PEMBERIAN HgCL2

Aju Rinati, 089116813 (1996) KADAR MERKURI DALAM TUBUH IKAN NILA (Oreochromisniloticus) JANTAN DAN BETINA DARI BERBAGAI KELOMPOK UMUR SETELAH PEMBERIAN HgCL2. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpb 525.96 rin k UP.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air sering tercemar oleh komponen-komponen anorganik, di antaranya berbagai logam berat yang berbahaya. Salah satu logam berat yang sering mencemari lingkungan adalah merkuri (Hg) yang banyak digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti pemoles meubel, fungisida. pembuatan plastik, kain, serta kamera film. Dampak pencemaran merkuri pada suatu perairan. khususnya pada ikan adalah mempunyai tendensi untuk berkumpul di dalam tubuh melalui penyerapan langsung insangnya dan tetap tinggal sebagai 'racun yang berbahaya. Penelitian ini dibuat untuk menjawab p~rmasalahan sebagai berikut': pertama. apakah ada perbedaan kadar merkuri dalam tubuh ikan nila antar jenis kelamin; kedua apakah ada perbedaan kadar merkuri dalam tubuh ikan nila antar kelompok umur; dan ketiga bagaimanakah akumulasi merkuri pada bagian tubuh (kepala. daging. dan tulang) ikan nila setelah dipelihara dalam medium air tawar yang mengandung HgC12 0.001 ppm selama 10 minggu. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan pola faktorial 2 x 3. masing-masing perlakuan dengan 5 ulangan dan data dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar merkuri dalam tubuh ikan nila berbeda pada berbagai kelompok umur (tertinggi pada kelompok umur 3 bulan), tetapi tidak menunjukkan perbedaan yang nyata pada ikan jantan dan betina. Sedangkan kadar merkuri pada bagian kepala lebih tinggi bila dibandingkan pada bagian daging dan tulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 525.96 rin k
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Aju Rinati, 089116813UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHani Sudarmanto, Drs. , M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2017 19:07
Last Modified: 05 Mar 2017 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item