STUDl HUHUNGAN ANTARA FAKTOR SITUASIONAL DAN FAKTOR PRI8ADI DENGAN KEPATUHAN POLlSl TERHADAP PERINTAH ATASAN

LUPI ARIYANTI, 110010418 (2004) STUDl HUHUNGAN ANTARA FAKTOR SITUASIONAL DAN FAKTOR PRI8ADI DENGAN KEPATUHAN POLlSl TERHADAP PERINTAH ATASAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk 061 a.04 Ari s-min.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dan penelitian wi adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara faktor situasionai (kedekatan dengan konsekuensi tindakan, kedekatan dengan pihak otoritas, legitimasi pihak otoritas, reputasi dan prestise pihak otoritas, tekAnan kelompok, kesamaan perintah, dan peraniposisi dalam rangkatan tindakan) dan faktor pribadi (kepribadian otoriter dan pernsaan tanggungjawab) dengan kepatuhan polisi terhadap perintan 3tasan di Polres Situbondo. Popuiasi penehtian ini adaJah anggota poTti di Polres Situbondo. Sampel diambil dengan mengb'lmakan 1eknik stratified proportronal random sampling dengan mengambil secara acak setiap pollsi darl setiap kesatuan, sesuai dcngan propofSl yang telah ditentukan. Jenis penelltian yang dilakukan adalah penehtian korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang terdiri dan tiga oogian, yaitu faklor pribad\ (bagi." I), v.nabel kepatuhan (bagian II), dan faklor situasional (bagi.n Ill). Alternarif i.waban yang tersedi_ adalah S5 (Sangat Sesuai), S (Sesual), TS (Tidak Sesuai), dan STS (Sangat Tidak Sesuai) untuk bagi_n I dan ll. Sedangkan bagian HI memiliki altemauf jaw.ban SLL (Selalu), SR (Sering). JR Uarang), dan TP tTidak pemah). Dengan skor berkisar dari nilai 1 hingga 4 berdasarkanjenis pernyataannya. yaitufavuurable dan unfavourable. Basil uji reiiabilitas alal ukur faktor situasi dan faltor pribadi berkisar antant 0,5148 samp.i dengan 0,89t6, yang menunjukkan seluruh alat tersebut reli.beL Dad ha<;iI ~ii yalidita~ alat ukur dtperoleh item total yang valid sejumlah 53 buttr untuk faktor situasi dan 26 butir faktor pribadl, sena 34 bUllr untuk kepatuhan pohsi terhadap perintah atasan. Teknik analisis data menggunakan anallsis rcgresi berganda. Dari hasil uji tersebut, diperoleh nita! koefisien kordasi sebesar 0,146. Uji F menghasjlkan nilai F~l,532 deng.n IPO,220. Karena nilai probabilitas iehih dari 0,05 maka korelasi tcrsebut dinyatakan tidak signifikan. Dengan kata lain, tidak ada hubungan antara faktor situaslonal dan faktor pribadi dengan kepatuhan polisi terhadap penntan atasan. Korelasi parsial antar variabel menunjukkan bahwa variabel yang memiliki korel.si yang .ignifikan dengan kepatuhan adalah Kedekatan dengan plhak otoritas. Icgitimasi pihak otoritas, reputasi dan prestise pihak otoritas, dan kesamaan perintah. Basil tabulasl sHang rnenunjuk.kan bahwa polisl yang merniliki tingkat kepatuhan tinggi adalah pol lsi yang berusia kurang dan 25 tahun, polisi yang belum menikan, memiliki masa ketja I-to tahun, poils} dari Bagian OperasionaJ, dan polisi bersuku Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 061 A.04 Ari s FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STUDl HUHUNGAN ANTARA FAKTOR SITUASIONAL DAN FAKTOR PRI8ADI DENGAN KEPATUHAN POLlSl TERHADAP PERINTAH ATASAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
LUPI ARIYANTI, 110010418UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSURYANTO, DRS.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Mar 2017 19:42
Last Modified: 16 Jul 2017 23:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/53998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item