PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PROGRAM KURSUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS RIA ENGLISH COURSE SURABAYA

AMBARSARI SETYARINI, 040234652-E (2004) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PROGRAM KURSUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS RIA ENGLISH COURSE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 156.05 Set p ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan perekonomian global dewasa ini mendorong pertumbuhan seletor jasa. Banyak peluang bisnis yang muncu/ dari sektor ini, demikian pula halnya kesempatan kerja semakin luas. Kenyataan ini mendorong adanya peningkatan minat dan perhatian, baik dari kalangan akademiasi maupun praletisi untuk menelaah dan mengkaji berbagai permasa/ahan dalam sektor jasa. Salah satu seletor jasa di bidang jasa yang menarik untuk dikaji berbagai macam permasalahannya yaitu jasa kursus pada lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai salah satu sarana mencerdaskan bangsa dan tolok ukur dari swnber daya manusia yang berkualitas, harus dikelola secara efisien dan selektif. Untuk itu perlu ditunjang dengan system akuntansi yang memadai sehingga dapat menghasilkan i1iformasi yang akurat bagi pengelola lembaga pendidikan untuk pengambilan keputusan-keputusan sITategis yang berkattan dengan kelangsungan hidup lembaga pendidikan. Dalam merespon kondisi ini, dimana organisasi seperti /embaga pendidikan yang digunakan sebagai obyek da/am penelitian int dihadapkan pada lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, maka manajemennya harus hak concern terhadap pengandalian dan pengurangan biaya. Supaya dapat bersaing dengan baik diantora lembaga pendidikan yang semakin banyak jumlahnya, terlebih lagi dengan adanya simp konsumen yang semakin kritis don menuntut peningkatan kualttas pelayanan baik dalam bentuk barang maupun jasa yang lebih berkualitas, pelayanan yang lebih memuaskan, dan harga yang lebih rasional. Salah satu laletor yang penting dalam penentuan harga yang lebih rasional ini adalah informasi biaya produbinya. Pengaloleasin biaya-biaya yang t'flak adil kepada produk akibat dart in/ormasi biaya produkst yang ttdak benar okan mengakibatkan penentuan harga jua/ yang tidak tepot don juga menimbulmn kesa/ahan da/am pengukuran dan pentlalan kinerja produJc. Akibatnya adalah keputusan-keputusan manajemen menjadi tidak tepat dan dapat memhawa dampak yang bUTUk terhadap daya saing dan kelangsungan perusahaan. Sebalilcnya, dengan dasar pengalokasian yang lebih baik mam penentuan harga jual produk alean lebih akurat dan manajemen akan memiliki dasar informasi yang lebih baik dalam membuat keputusan-keputusan ekonomis yang lebih tepat. Informas; harga jual yang lebih akurat alean memberilean penilaian yang lebih tepat terhadap kinerja produk.. Dengan penerapan pendekatan Activity Based Costing (ABC) dalam pengukuran harga pokok produknya akan sangat menentukan keakuratan informasi biaya di lembaga pendidimn YPIA English Course Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMBARSARI SETYARINI, 040234652-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuslich Anshori, Dr., SE., M.Sc., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Mar 2017 19:45
Last Modified: 07 Mar 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item