PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PROGRAM KURSUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS YPIA ENGLISH COURSE SURABAYA

AMBARSARI SETYARINI (2004) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING DALAM PERHITUNGAN BIAYA PROGRAM KURSUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS YPIA ENGLISH COURSE SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan perekonomian global dewasa ini mendorong pertumbuhan seletor jasa. Banyak pe/uang bisnis yang muncu/ dari sektor ini, demikian pula ha/nya kesempatan kerja semakin /uas. Kenyataan ini mendorong adanya peningkatan minat dan perhatian, baik dari ka/angan akademiasi maupun praletisi untuk mene/aah dan mengkaji berbagai permasa/ahan da/am sektor jasa. Sa/ah satu seletor jasa di bidang jasa yang menarik untuk dikaji berbagai macam permasa/ahannya yaitu jasa kursus pada lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan sebagai salah satu sarana mencerdaskan bangsa dan tolok ukur dari swnber daya manusia yang berkualitas, harus dike/ola secara e/isien dan e/ektif. Untuk itu per/u ditunjang dengan system akuntansi yang memadai sehingga dapat menghasi/kan i1iformasi yang akurat bagi penge/o/a lembaga pendidikan untuk pengambi/an keputusan-keputusan sITategis yang berkattan dengan kelangsungan hidup lembaga pendidikan. Dalam merespon kondisi ini, dimana organisasi seperti /embaga pendidikan yang digunakan sebagai obyek da/am penelitian int dihadapkan pada lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, maka manajemennya harus/ak concern terhadap pengandalian dan pengurangan biaya. Supaya dapat bersaing dengan baik diantora /embaga pendidikan yang semakin banyak jumlahnya, ter/ebih /agi dengan adanya simp konsumen yang semakin /critis don menuntut peningkatan kualttas pelayanan baik dalam bentuk barang maupun jasa yang lebih berkualitas, pe/ayanan yang lebih memuaskan, dan harga yang lebih rasiona/. Salah satu /aletor yang penting da/am penentuan harga yang /ebih rasiona/ ini ada/ah in/ormasi biaya produbinya. Pengaloleasin biaya-biaya yang t'flak adil kepada produk akibat dart in/ormasi biaya produkst yang ttdak benar okan mengakibatkan penentuan harga jua/ yang tidak tepot don juga menimbulmn kesa/ahan da/am pengukuran dan pentlalan kinerja produJc. Akibatnya adalah keputusan-keputusan manajemen menjadi tidak tepat dan dapat memhawa dampak yang bUTUk terhadap daya saing dan kelangsungan perusahaan. Sebalilcnya, dengan dasar pengalokasian yang lebih baik mam penentuan harga jual produk alean lebih akurat dan manajemen akan memiliki dasar in/ormasi yang lebih baik dalam membuat keputusan-keputusan ekonomis yang lebih tepat. In/ormas; harga jual yang lebih akurat alean memberilean penilaian yang lebih tepat terhadap kinerja produk.. Dengan penerapan pendekatan Activity Based Costing (ABC) dalam pengukuran harga pokok produknya akan sangat menentukan keakuratan in/ormast biaya di lembaga pendidimn YPIA English Course Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Creators:
CreatorsNIM
AMBARSARI SETYARININIM040234652-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuslich Anshori, Dr., SE., M.Sc., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2017 20:19
Last Modified: 06 Mar 2017 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54004
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item