PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAl DITINJAU DARI POlA ASUH ORANG TUA MENURUT PERBEDAAN KAWASAN TEMPAT TINGGAl

JUSUF AGUNG, 119410022 (2001) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAl DITINJAU DARI POlA ASUH ORANG TUA MENURUT PERBEDAAN KAWASAN TEMPAT TINGGAl. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PSI 12-01.AGU P.pdf

Download (779kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertuj'U8ll untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional pads rernaja yang mendapatkan pola asuh megabaikan, tidak: menyetujui, lai~sez-faire dan pelatih emo~i ditinjau dan perhedaan kawa.c:;an tcmpat tinggal di kota dan di dcsa. Variabcl yang tcrlibat dalam pcnclitian ini adslah pola asuh orang tua dan kawasan tempat tinggal sebagai variabel bebasnya dan kecerda.c:;an emo~ional sehagai. variahel tenkat. Variahel pola a.cruh orang tuR dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu Mengabaikah, Tidak: Menyetujui, Laissez-Faire dan Pelatih Emosi. Variabel kawasan tempat tinggal dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu l<..awasan desa dan kawasan kota. Variabel pola asuh orang tua diukur dari persepsi anak terhadap pola asuh orang tuanya. Untuk menghindari perbedaan antara perrsepsi anak dan orang tua, maak sebelum diadakan validasi, hanya akan dipilih persepsi anak yang sarna dengan orang tuanya. Pt:ndiLian ini bt:rupa pt:nditian pt:njdasan dalam bt:ntuk komparatif eksplanatif yaitu bertujuan untuk membedakan antara dua mean atau lebih dan tuntuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Pt:ndiLian ini ililakukan pada populasi rt:maja bt:rusia 17-21 tahun yang menjadi siswa kelas ill di SMU Negeri 1 Sidoarjo dan SMU Rejotangan Tulungagung, serta yang menjadi peserta kegiatan KIE diskusi dan ceramah bulan September-Oktober 2000 di SEBAYA-PKBI Daerah Jawa Timur, yang berjumlah 776 orang yang diarnbil sebanyak 243 orang sebagai sampelnya dengan teknik purposive random sampling. AIat pengumpulan data yang digunakan adslah kuesioner dengan tipe skala Likert menggunakan 4 pilihan untuk mengukur kecerdasan emosional dan pola asuh orang tua, yang dibagi atas persepsi terhadap pola ssuh dan pola asuh orang tua. Kuesioner kecerdasan emosional dan persepsi terhadap pola asuh terhukti val id herda5ar pengujian 5tati5ktik dengan menggunakan anal isis kesahihan butir dari Sutrisno lIadi. IIasil pengujian reliabilitas adslah andal dengan rtt = 0,863 dengan p = 0,000 pada kuesioner kecerdasan emosional, dan berturut turut rtt = 0,870 dengaTl p = 0,000; rtt = 0,831 dengan p = O,OOO~ rtt = 0,860 dengan p = 0,000 dan rtt = 0,962 dengan p = 0,000 pads bagian 1,2,3, dan 4 kuesioner persepsi pola asuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians 2 Jalur. Dari hasil penelitian pads ts 5% diperoleh nilai 0,011 pads Inter AB seh.ingga terdapat interaksi antara jalur AB dan dengan sendirinya terdapat perbedaan pada pola asuh orang D.la dan kawasan tempat tinggal dengan kecerdasan emosional. Dtlngan dt:mikian, Flo dilolak dan :g ililmma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 12/01 Agu p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAl DITINJAU DARI POlA ASUH ORANG TUA MENURUT PERBEDAAN KAWASAN TEMPAT TINGGAl
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
JUSUF AGUNG, 119410022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSEGER HANDOYO, DRS.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Mar 2017 23:08
Last Modified: 06 Mar 2017 23:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54005
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item