DAMPAK DURASI BINTANG IKLAN DAN PERPINDAHAN DUKUNGAN MEREK TERHADAP KREDIBILITAS BINTANG IKLAN

YOLANDA SURYA WIJAYA, 041012089 (2014) DAMPAK DURASI BINTANG IKLAN DAN PERPINDAHAN DUKUNGAN MEREK TERHADAP KREDIBILITAS BINTANG IKLAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wijayayola-33469-5.abstr-i.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
20.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini banyak pemasar yang memanfaatkan jasa selebriti untuk menjadi bintang iklan dalam proses komunikasi pemasarannya, tak terkecuali pada iklan produk dengan keterlibatan rendah. Diantara berbagai selebriti tersebut banyak yang telah memiliki durasi baik sebentar maupun lama dalam membintangi suatu iklan. Dengan adanya persaingan bisnis yang sangat ketat, membuat pemasar juga banyak berlomba untuk bekerjasama dengan selebriti yang terkenal, mengingat selebriti memang banyak membawa keuntungan bagi perusahaan. Maka dari itu, fenomena perpindahan dukungan merek yang dilakukan selebriti pun tak terhindarkan, baik dalam kategori produk yang sama maupun berbeda. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh kedua faktor tersebut, durasi bintang iklan (sebentar/lama) dan perpindahan dukungan merek (kategori produk sama/berbeda) terhadap perubahan kredibilitas bintang iklan (tingkat kepercayaan/tingkat keahlian). Penelitian ini menggunakan metode pretest-posttest experimental design dengan memakai desain between-subject. Data diperoleh dari 120 orang partisipan yang merupakan mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara umum praktik perpindahan dukungan merek dapat menurunkan penilaian konsumen atas tingkat kepercayaan bintang iklan, namun tingkat keahliannya meningkat. Lebih lanjut, terdapat kenaikan yang lebih banyak pada tingkat kepercayaan dan keahlian bintang iklan ketika yang memutuskan untuk melakukan perpindahan dukungan merek adalah bintang iklan dengan durasi yang lama dibandingkan yang sebentar. Sedangkan, konsumen menilai bahwa tingkat kepercayaan atas bintang iklan akan turun lebih banyak ketika bintang iklan melakukan perpindahan dukungan merek dalam kategori yang sama daripada yang berbeda, tetapi tingkat keahliannya mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 214/14 Wij d
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
YOLANDA SURYA WIJAYA, 041012089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 16 Oct 2014 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 05:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item