PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PABA CV. "X" SURABAYA

NOVA MORIZA, 049922898E (2002) PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PABA CV. "X" SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 29 02 Mor p.pdf

Download (551kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Dengan adanya persingan usaha yang sangat ketat saat ini menuntut setiap perusahan untuk lebih meningkatkan daya saingnya, apalagi konsumen semakin menginginkan produk yang mempunyai kualitas sesuai dengan yang diharapkanĀ· dengan tingkat harga yang seminimal mungkin. Dalam hal ini, perusahaan periu melakukan suatu usaha secara bertahap untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkannya serta mengendalikan besarnya biaya yang ditimbulkan oleh usaha peningkatan kualitas terse but, yamg disebut biaya kualitas. Pengendalian ini dapat dilaukan dengan membuat laporanbiaya kualitas secara periodik. Laporan biaya kualitas ini akan menghasilkan informasi mengenai biaya yang ditimbulkan oleh usaha peningkatan kualitas produknya sehingga Zerro defect dapat dicapai. Disini penelitian yang digunakan dengan metode pendekata kualitatifdengan metodologi studi kasus denga obyek penelitian pada CV"X" yang memproduksi makanan ringan. Dari hasil penelitian pada saat ini CV"X" memperhatikan masalah kualitas produknya hal ini dapat dilihat dari permintaan pangsa pasarnya yang bukan dari Surabaya tetapi sudah meluas diluar pulau Jawa. Namun perusahaan belum melakukan pengukuran dan pelaporan biaya biaya kualitas. Pengendalian atas biaya kualitas hanya teljadi dalam perusahaan berdasarkan pada pengalaman saja dengan melihat data-data non keuangan, seperti laporan unit yang rusak. Sehingga manajemem mengalami kesulitan untuk mengetahui kemajuan atas pelaksanaan program peningkatan kualitas terse but secara finansial. Oleh karena itu periu dilakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas untuk membantu perusahaan mengendalikan besamya biaya kualitas yang timbuL Sehingga pihak manajemen dapat memonitor kemajuan atas program peningkatan kualitas produknya baik secara non finansial dan finansial dan dapat memberikan umpan balik kepada manajemen untuk melakukan perencanaan dan pengendalian biaya kualitas sehingga biaya kualitas dapat ditekan serta berdampak pada peningkatan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 29/02 Mor p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS PABA CV. "X" SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NOVA MORIZA, 049922898EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. SUYUNUS, MAFIS, Drs. . AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Mar 2017 18:21
Last Modified: 08 Mar 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item