PERBEDAAN PERUBAHAN TINGKAT NYERI PERSALINAN NORMAL ANTARA KELOMPOK DENGAN DAN TANPA AROMATERAPI LAVENDER DI LAMONGAN

BAROROH ROHMANA HAQIQI, NIM011411223031 (2016) PERBEDAAN PERUBAHAN TINGKAT NYERI PERSALINAN NORMAL ANTARA KELOMPOK DENGAN DAN TANPA AROMATERAPI LAVENDER DI LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FK. BID. 27-16 Haq p-min.pdf

Download (863kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri persalinan merupakan proses fisiologis yang dialami oleh ibu saat melahirkan normal, namun ibu yang tidak mampu mengontrol nyerinya menyebabkan ibu menjadi stress dalam menghadapi persalinannya yang membuat implus nyeri bertambah banyak. Penggunaan aromaterapi lavender dilaporkan mampu meningkatkan relaksasi, menurunkan stress, serta mengurangi nyeri secara umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahui perbedaan perubahan tingkat nyeri persalinan normal antara kelompok dengan dan tanpa aromaterapi lavender di lamongan. Jenis penelitian true exsperiment dengan pre test and post test control group. Sampel penelitian diambil dengan tenik analisis kategorik tidak berpasangan sebanyak 9 orang pada kelompok perlakuan dan 9 orang kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret – april 2016. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney. Tingkat nyeri pada kelompok perlakuan pada pembukaan 10cm, Kebanyakan mengalami nyeri “sedikit menyakitkan” sedangkan pada pembukaan 4-9cm mengalami “lebih menyakitkan”, Kelompok kontrol sebagian besar pada pembukaan 10cm, Kebanyakan mengalami “jauh lebih menyakitkan” sedangkan pada pembukaan 4-9cm mengalami “lebih menyakitkan”. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan pada tingkat persalinan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p value 0,000 < α 0,05 dengan demikian aromaterapi lavender efektif menurunkan tingkat nyeri persalinan. Simpulan dari penelitian hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada perbedaan perubahan tingkat nyeri persalinan signifikan pada tingkat nyeri persalinan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol, Sehingga aromaterapi lavender efektif menurunkan nyeri persalinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID. 27-16 Haq p
Uncontrolled Keywords: Aromaterapi Lavender , Tingkat Nyeri Persalinan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG651-721 Labor. Parturition
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
BAROROH ROHMANA HAQIQI, NIM011411223031NIM011411223031
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEvi Pratami, SST., M.KebUNSPECIFIED
Thesis advisorJuniastutik, Dr. , dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 08 Mar 2017 19:16
Last Modified: 24 Jul 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item