FRIDA ALAMSYAH, 049922804E
(2003)
VALUE CHAIN ANALYSIS SEBAGAI ALAT MANAJEMEN BIAYA PADA
PT. "X" DI SIDOARJO.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Perusahaan akan memenangkan persaingan dengan pesaingnya apabila perusahaan mempunyai suatu keunggulan atau nilai lebih dari pesaingnya, keunggulan itu seperti produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, model produk dengan proses produksi yang efisien dan efektif untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.
Kondisi diatas melahirkan suatu pemikiran baru dalam bidang akuntansi yang memberikan suatu pendekatan bam dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang struktur biaya perusahaan dan yang nantinya akan digunakan sebagai dasar formulasi strategi unit bisnis, pemikiran ini disebut sebagai Strategic Cost Management. Pemikiran ini melakukan analisa atas biaya-biaya dalam konteks yang lebih luas daripada yang dibahas dalam akuntansi manajemen dimana meliputi aktivitas-aktivitas internal perusahaan serta aktivitas-aktivitas ekstemal perusahaan. Salah satu bentuk pelaksanaan strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam peningkatan efisiensi biaya adalah dengan menggunakan analisis value chain sebagai alat manajemen biaya stratejik.
Actions (login required)
|
View Item |