PERBANDINGAN KELIMPAHAN JENIS-JENIS BURUNG PADA HABITAT SEKITAR TELAGA SARANGAN DAN TELAGA WAHYU DI GUNUNG LAWU KABUPATEN MAGETAN

Agus Rahmat Purwanto, 089110812 (1996) PERBANDINGAN KELIMPAHAN JENIS-JENIS BURUNG PADA HABITAT SEKITAR TELAGA SARANGAN DAN TELAGA WAHYU DI GUNUNG LAWU KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mpb 561.96 pmi p-min.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gunung Lawu memiliki kawasan hutan yang luas, ternyata tidak memiliki kawasan konservasi. Hutannya terbagi menjadi hutan lindung dan hutan produksi. Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu yang berada di lereng Gunung Lawu, habitatnya menarik bagi burung tetapi saat lnl telah mengalami intervensi manusia. Dalam usaha pembangunan konservasi sumber daya alam, diperlukan data kelimpahan jenis burung di sekitar Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu serta bagaimana perbandingannya. Inventarisasi jenis-jenis burung dilakukan di Pasar Burung Magetan dan Ngawi serta pada lokasi penelitian. Perhitungan kelimpahan jenis menggunakan metode IPA ( Indices Ponctuelles d'Abundance Counts) dengan 10 titik IPA pada jalur transek sejauh 2 km. Pengambilan data dilakukan empat kali selama bulan Januari sampai April 1996. Jenis-jenis burung yang dijumpai di pasar burung sebanyak 43 jenis, meliputi 35 jenis yang dijumpai di Jawa, termasuk 6 jenis ayam, 8 jenis lainnya tidak terdapat di Jawa. Sedangkan pada lokasi penelitian dijumpai 29 jenis burung dan 4 jenis di antaranya sudah dilindungi, serta 3 jenis burung bersifat endemik di Jawa. Kelimpahan jenis tertinggi di Telaga Sarangan selama bulan Januari -April berturut-turut adalah Parus major (32,29), Collocalia esculenta (31,03), Zosterops montanus (23,28) dan Prinia familiaris (18,18). Kelimpahan jenis tertinggi di Telaga Wahyu selama bulan Januari -April adalah Collocalia esculenta. Dari analisis statistik Chi-square diketahui bahwa terdapat perbedaan kelimpahan jenis burung antara habitat sekitar Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu. Mengingat kondisi habitat di sekitar Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu yang baik bagi habitat berbagai jenis burung dan keberadaan jenis yang dilindungi, maka kondisi lingkungannya perlu dijaga dari intervensi manusia. Selain itu kawasan ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan Bird Watching Tourism.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpb 561.96 pmi p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Agus Rahmat Purwanto, 089110812UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH.A. Soeparmo, Prof. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2017 19:27
Last Modified: 28 Jul 2017 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item