PERBEDAAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA ANTARA BIDAN YANG BEKERJA SHIFT DAN NON-SHIFT DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA

Zuhrotul Mufidah, 011211231002 (2016) PERBEDAAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA ANTARA BIDAN YANG BEKERJA SHIFT DAN NON-SHIFT DI RSUD DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FK. BID. 36-16 Muf p-min.pdf

Download (895kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bidan merupakan ujung tombak pemberi layanan persalinan yang bertanggung jawab untuk memberikan asuhan yang bermutu tinggi. Sehingga dalam pelayananan bidan di rumah sakit membutuhkan sistem kerja yang di atur dalam shift kerja. Shift kerja ditetapkan untuk lebih memanfaatkan sumber daya yang ada, dan memperpanjang durasi pelayanan di Rumah Sakit. Dalam jangka panjang dampak yang muncul akibat shift kerja adalah gangguan metabolisme, fungsi pencernaan dan gangguan fungsi jantung akibat gagguan irama sirkadian. Manusia mempunyai ritme sirkadian yang menunjukkan fluktuasi dari berbagai macam fungsi tubuh selama 24 jam. Data dari Dokter Keluarga Karmen 12 menyebutkan bahwa selama tahun 2015 penyakit terbanyak yang di derita oleh pegawai di Rumah Sakit Dr. Soetomo adalah Diabetese Mellitus yaitu sebesar 1.215 pegawai. Pegawai terbanyak yang menderita penyakit Diabetes Mellitus adalah perawat wanita sebanyak 217 orang dan bidan sebanyak 80 orang yang 70% bekerja secara shift dan 30% bekerja secara non-shift. Kejadian penyakit Diabetes Mellitus ini setiap bulan juga selalu meningkat 1-2%. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kadar glukosa darah puasa pada bidan yang bekerja shift dan bidan yang bekerja non-shift di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode Penelitian ini menggunakan analitik cross sectional dengan sampel bidan yang bekerja shift di Irna Obgyn dan bidan yang bekerja nonshift di Poli Obgyn di RSUD Dr. Soetomo. Pengambilan sampel dengan total sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 27 orang yang terdiri dari 17 bekerja dan 10 orang bekerja non-shift. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kerja shift dan non-shift, sedangkan variabel dependen adalah glukosa darah puasa. Dari hasil analisis menggunakan uji t- tidak berpasangan, didapatkan p=0,203. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar gula darah puasa antara pekerja shift dan non shift (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK. BID, 36-16 Muf p
Uncontrolled Keywords: Glukosa darah puasa, bidan, bekerja shift, bekrja non-shift
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Zuhrotul Mufidah, 011211231002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Purwanto, Dr. ,dr., M.KesUNSPECIFIED
ContributorNetti Herlina, S.Pd.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Mar 2017 20:59
Last Modified: 28 Jul 2017 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item