PEMASARAN INTERNAL CROSS-SELUNG DAN GAINSHARING PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN ANALISIS ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU )

FARIDA ARIATI, 090210472 L (2004) PEMASARAN INTERNAL CROSS-SELUNG DAN GAINSHARING PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN ANALISIS ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK TKA 30-05 ARI P-min.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu pelayanan yang diselenggarakan Puskesmas adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pada era persaingan saat ini Puskesmas perlu mengembangkan pelayanan yang mempunyai nilai lebih bagi masyarakat. Oleh karena itu, seluruh sumber daya termasuk tenaga medis gigi diharapkan berperan aktif untuk mengembangkan pelayanan di Puskemas sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan nilai kinerja Puskesmas secara utuh. Salah satu bentuk dukungan seluruh karyawan Puskesmas diwujudkan melalui suatu mekanisme pemasaran internal cross-selling dan gainsharing. Sehingga dukungan proses penyampaian pelayanan kesehatan khususnya pelayanan gigi dan mulut menjadi lebih optimal. Secara umum tujuan penelitian ini menyusun rekomendasi upaya Pemasaran Internal cross-selling dan gainsharing pelayanan kesehatan gigi dan mulut berdasarkan analisis organisasi dan Sumber Daya Manusia di Puskesmas Medokan Ayu. Secara khusus penelitian ini mengkaji beberapa aspek yang terkait dengan cross-selling dan gainsharing meliputi menganalisis kebijakan anjuran pimpinan tentang pemasaran internal cross-selling dan gainsharing. Menganalisis aspek kognitif, afektif sumber daya manusia tentang pemasaran internal cross-selling dan gainsharing. Menganalisis penerapan (psikomotor) dan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pemasaran internal cross-selling dan gainsharing. Menganalisis hubungan kognitif, afektif dan psikomotor pada kegiatan cross-selling dan gainsharing. Menganalisis pengaruh kognitif dan afektif terhadap psikomotor dalam penerapan Pemasaran Internal cross-selling dan gainsharing. Desain utama penelitian ini adalah Cross-sectional studio Populasi penelitian adalah pimpinan dan seluruh karyawan di Puskesmas Medokan Ayu. Jumlah responden sebesar 23 orang. Variabel yang diukur pada penelitian adalah kebijakan anjuran cross-selling dan gainsharing. Aspek kognitif, afektif dan psikomotor sumber daya manusia atau kastemer internal terhadap kebijakan anjuran cross-selling dan gainsharing, penerapan dan hambatan kegiatan cross-selling dan gainsharing. Data dan informasi tentang variabel kebijakan cross-selling dan gainsharing diperoleh melalui In-depth Interview sedangkan informasi variabel lain diperoleh dengan kuesioner terstruktur pada seluruh karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif disajikan dalam distribusi frekwensi sehubungan tanggapan responden atas variabel penelitian. Sedangkan analisis inferensial digunakan untuk menganalisis hubungan antara kognitif, afektif dan psikomotor responden tentang cross-selling dan gainsharing. Berdasarkan wawancara dengan pimpinan puskesmas yang menjelaskan tentang bagaimana kebijakan anjuran crossselling dan gainsharing. Distribusi frekuensi aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada variabel gainsharing dan cross-selling. Analisis yang digunakan adalah analisis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 TKA 30/05 Ari p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN INTERNAL CROSS-SELUNG DAN GAINSHARING PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERDASARKAN ANALISIS ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI PUSKESMAS MEDOKAN AYU )
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
FARIDA ARIATI, 090210472 LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. Pudjirahardjo, dr. , MS., MPH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Mar 2017 23:13
Last Modified: 30 Jul 2017 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item