PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

VIDYA PUTRI HARDIYANTI, NIM: 041211333133 (2016) PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN PENGALAMAN AUDIT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABTRAK)
KKB KK-2 A 372_16 Har p ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 A 372_16 Har p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh komitmen profesional dan pengalaman audit terhadap pengambilan keputusan etis dengan budaya organisasi sebagi variabel moderasi. Subjek penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh komitmen profesional dan pengalaman audit terhadap pengambilan keputusan etis dengan budaya organisasi sebagi variabel moderasi. Pengumpulan sampel menggunakan metode conveience sampling yaitu teknik penentuan sampel yang dilakukan secara tidak acak, tetapi langsung menunjuk kantor akuntan publik yang bersedia memberikan informasi terkait. Data diambil dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 11 Kantor Akuntan Publik di Surabaya. Sebanyak 77 lembar kuesioner dikirim dan 65 lembar kuesioner kembali. Dari 65 kuesioner hanya 63 kuesioner yang dapat diolah. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 20 untuk menganalisis data. Teknik analisis menggunakan metode moderated regression anlyisis (MRA) yang diselesaikan dengan uji regresi bertahap dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen profesional berpengaruh terhadap keputusan etis, sedangkan pengalaman tidak berpengaruh dan budaya organisasi mampu memoderasi pengaruh komitmen profesional dan pengalaman audit terhadap pengambilan keputusan etis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 372/16 Har p
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
VIDYA PUTRI HARDIYANTI, NIM: 041211333133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantIswajuni, Dra., MSi,CMA,CA, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Mar 2017 17:41
Last Modified: 14 Mar 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item