SISTEM PENILAIAN PRESTASI KERJAA ROOMBOY DALAM MEMBERSIHKAN KAMAR DI SURABAYA PLAZA HOTEL AND SUITF

DENY PRASETYO, 070210900/S (2005) SISTEM PENILAIAN PRESTASI KERJAA ROOMBOY DALAM MEMBERSIHKAN KAMAR DI SURABAYA PLAZA HOTEL AND SUITF. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis PW 85-05 Pra-min.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tugas pokok seorang room boy atau room maid adalah menjaga kebersihan, kerapian, kelengkapan, kamar-kamar tamu dibawah pengawasan seorang supervisor. Berkaitan dengan pentingnya peranan seorang roomboy dalam membersihkan kamar, maka yang harus diperhatikan adaIah kualitas dan efisiensi kerja roomboy. Seorang roomboy harus memiliki perilaku, pengetahuan dan ketrampilan tentang bagaimana menjaga kerapian dan kebersihan kamar dengan menggunakan teknik dan prosedur yang benar. Adapun permasalahan penelitian adalah bagaimana standar kerja roomboy dalam membersihkan kamar dan bagaimana sistem penilaian prestasi kerja roomboy di Surabaya Plaza Hotel. Metodologi penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Surabaya Plaza Hotel dan informan yang diambil dalam penelitian ini adalah executive housekeeper, assistant executive housekeeper, supervisor, room checker dan roomboy. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi langsung, wawancara dan studi kepustakaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk penelitian. Menurut hasil penelitian standar kerja roomboy di Surabaya Plaza Hotel belum sepenuhnya dijalankan dengan baik dan sistem penilaian prestasi kerja yang dilakukan sudah baik tetapi perlu dikomunikasikan terlebih dahulu kepada roomboy agar tidak terjadi perbedaan pemikiran mengenai tujuan dari diadakannya penilaian presatsi kerja. Dengan hasil penelitian tersebut kita akan mengetahui bagaimana standar kerja roomboy dan bagaimana sistem penilaian prestasi kerja roomboy dalam membersihkan kamar di Surabaya Plaza Hotel sehingga dapat menjadi acuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para tamu dan juga sebagai pemacu untuk peningkatan kualitas roomboy yang dilakukan melalui pendidikan atau pelatihan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.85/05 Pra s (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: roomboy, standar kerja, sistem penilaian, prestasi kerja
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Creators:
CreatorsNIM
DENY PRASETYO, 070210900/SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, S.Sos., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 14 Mar 2017 23:54
Last Modified: 31 Jul 2017 19:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54499
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item