ANALISIS IMPLEMENTASI SALURAN PROMOSI KARTU PERDANA LOOP YANG DI LAKUKAN PT. TELEKOMUNIKASI SELULER PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE

RAHMATULLAH MAULANA REZA ERLANGGA, 041310313027 (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI SALURAN PROMOSI KARTU PERDANA LOOP YANG DI LAKUKAN PT. TELEKOMUNIKASI SELULER PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV. PM. 24-16 Erl a abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV. PM. 24-16 Erl a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

4.1 Kesimpulan Penggunaan media sosial dalam mempromosikan produk atau jasa saat ini sudah dilakukan juga oleh PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). Telkomsel menggunakan media sosial Youtube yang menjadi salah satu alat untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Telkomsel memiliki akun Youtube untuk mempromosikan salah satu produk mereka yaitu Loop dengan nama Loop_ID. Dari 100 Video yang diamati penulis menunjukkan bahwa : • Tingkat Awareness konsumen terhadap produk Loop sudah cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan 1.511.291 kali video diputar. • Dari hal preference consumeratau pilihan konsumen, video yang di posting oleh Loop sudah disukai oleh sebagian konsumen dengan di like sebanyak 1427. Sedangkan sebanyak 99 konsumen tidak menyukai video yang diposting oleh Loop. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen suka dengan video yang di-posting oleh Loop. • Dari 100 video yang di-posting Loop, konsumen menuliskan 131 komentar. Itu menunjukkan interaksi antar konsumen cukup banyak. • Sebanyak 312 kali dari 100 video yang di-posting Loop di akun media sosial Youtube telah di share oleh konsumen. Hal ini akan membuat E-WOM atau Electronic Word of Mouth yang positif terhadap produk Loop sudah cukup banyak. • Sebanyak 79 pelanggan men-subscribe video yang di-posting oleh Loop. Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan menginginkan untuk mengupdate video dari Loop dan menciptakan konsumen setia. Dari jumlah subscriber Telkomsel juga bisa mengetahui jumlah konsumen setia mereka. 4.2 Saran Dari kesimpulan di atas penulis ingin memberikan saran : 1. Beberapa video yang di posting oleh Loop sebagian besar hanya dilihat atau di view oleh sedikit konsumen atau calon konsumen Loop. Menurut penulis itu dikarenakan isi atau konten yang terdapat dalam video tersebut tidak terlalu menarik bagi konsumen. Hal ini juga bisa dilihat dari jumlah share ataupun jumlah viewer memberikan like dalam satu video yang rendah di-postingan Loop. Sebaiknya Loop mem-posting video yang digemari oleh konsumen atau calon konsumen Loop itu sendiri atau video yang bisa mendorong konsumen untuk dapat terlibat dalam video tersebut dengan memberikan comment, men-share dan men-subscribe video tersebut. Dengan konsumen atau calon konsumen Loop terlibat dalam video tersebut maka video tersebut akan menjadi viral dan diperbincangkan yang menghasilkan E-WOM atau electronic word of mouth di kalangan konsumen atau calon konsumen Loop. 2. Di masa depan, saran ini dapat menjadi masukan kepada perusahaan (Telkomsel) untuk menyurvei tentang konten video yang menarik menurut masyarakat atau konsumen. Dengan video yang menarik, konsumen akan terlibat dalam video yang di-posting perusahaan di channel Youtube dalam hal ini Loop. 3. Loop bisa saja memaksimalkan beberapa sosial media lain seperti Instagram. Instagram merupakan media sosial yang berbasis photo sharing sites. Di Instagram pemasar bisa mempromosikan produk atau jasa mereka dengan mem posting video iklan mereka dengan durasi paling lama 1 menit. Di kalangan anak muda, Instagram merupakan media sosial yang saat ini banyak digemari. Hal ini sesuai dengan target Loop yang menargetkan anak muda sebagai sasaran mereka.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. PM. 24-16 Erl a
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI SALURAN PROMOSI, KARTU PERDANA LOOP, PT. TELEKOMUNIKASI SELULER, MEDIA SOSIAL YOUTUBE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsEmail
RAHMATULLAH MAULANA REZA ERLANGGA, 041310313027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAyu Febriyanti Puspitasari, SE.,MM.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2017 18:12
Last Modified: 15 Mar 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54534
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item