ANALISIS INTEGRASI VERTlKAL INDUSTRI EMPING MELINJO DI DESA PURWOSARI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN

TRIYUNITA LIBRETI, 049615304 (2003) ANALISIS INTEGRASI VERTlKAL INDUSTRI EMPING MELINJO DI DESA PURWOSARI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 30.03 Lib A(2001).pdf

Download (309kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Integrasi vertikal akan dapat menyebabkan penghematan-penghematan teknis sehingga harga output akhir yang ditetapkan oleh produsen yang terintegrasi akan lebih rendah daripada produsen yang tidak terintegrasi tanpa mengurangi keutltungan yang diperoJeh sehingga akan meningkatkan kesejahteraan (we(fure) konsum~n. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana membandingkan harga akhir dan keuntungan output diperoleh hasil bahwa kegiatan integrasi vertikal ke hulu-hilir yang dilakuknn produscn cmping mclinjo ini tidak mengakibatkan harga emping melinjo di tingkat konsumen akhir menjadi lebih rendah dari harga akhir bagi produsen yang tidak terhltegrasiltidak terkait. ,Hal :l1i disebabkan emping melinjo di tlngkat konsumcn akhir berada pada pasar persaingan sempurna sehingga harga yang berlaku di pasar ditentukan dari keseimbangan pennintaan dan penawaran. Dan keuntu!1gan yang diperoleh produsen yang terintegrasi vertikal ke hulu-hilir juga tidak lebih besar dari produsen yang tidak terinteblfasi. Keuntungan yang diperoleh produsen yang terintegrasi ini merupakan keuntungan yang tidak maksimal karena beberapa biaya dan resiko yang seharusnya ditanggung produsen dialihkan ke pengepul em ping yang bertindak sebagai penyedia input buah meJinjo. Terhadap kesejahteraan, integrasi vertikal lee huIu-hilir dipandang dari sisi harga tidak mampu mcningkatkan kesejahteraan konsumen karena tidak menyebabkan harga turun pada tingkat konsumcn akhir. Sedangkan dipandang dari sisi keuntungan, integrasi vertikal ke hulu-hilir tidak mampu meningkatkan kesejahteraan produsen karen a keuntungan yang diperoleh produsen tidak lebih be£ar dari keuntungan produsen yang tidak terintegrasi. Sedangkan aliran S-C-P yang dapat menjelaskan produsen yang berintl.'!grasi vertikal ini adalah strukturalis dimana struktur memp,engaruhi peiilaku yang selanj utnya struktLlr dan perilaku mempengaruhi kinerja pasar emping melinjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: C 30-03 Lib a.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TRIYUNITA LIBRETI, 049615304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWINIFRED L.W.. SUBANDl, Dr.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 15 Mar 2017 18:20
Last Modified: 15 Mar 2017 18:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item