KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK INDIHOME PADA PT TELKOM WITEL JATIM SURABAYA

Olivia Dinar Oktadiani, 041310313085 (2016) KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK INDIHOME PADA PT TELKOM WITEL JATIM SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.PM. 14-16 Okt k abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.PM. 14-16 Okt k-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

4.1 Simpulan 1. Sebagai perusahaan jasa telekomunikasi terbesar PT Telkom Witel Jatim Surabaya menerapkan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan bauran komunikasi pemasaran. Hampir seluruh bauran alat komunikasi pemasaran dimanfaatkan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari dilakukannya komunikasi pemasaran tersebut yaitu untuk menginformasikan dan memasarkan produk IndiHome kepada para pelanggan. Selain itu komunikasi pemasaran dilakukan guna untuk meningkatkan penjualan produk IndiHome. Namun dalam seluruh komunikasi pemasaran yang dilakukan pastinya terdapat pengukuran apakah alat komunkasi tersebut efektif atau tidak. Dalam hal ini PT Telkom Witel Jatim Surabaya mengklasifikasikannya menjadi dua pengukuran, yaitu : • Long Term Merupakan alat komunikasi pemasaran yang efektif guna menarik pelanggan dalam jangka panjang. Alat komunikasi ini biasanya merupakan alat komunikasi non personal, jadi sifatnya tidak langsung bertatap muka dengan pelanggan. Dalam alat komunikasi ini akan membantu PT Telkom Witel Jatim Surabaya dalam mengingatkan dan mempersuasif pelanggan bahwa produk IndiHome merupakan memiliki kualitas unggul dibanding provider lain. Yang termasuk dalam alat komunikasi jangka panjang yaitu seperti media elektronik, website, iklan TV, sosial media, Billboard. • Short Term Merupakan alat komunikasi pemasaran yang efektif dalam jangka pendek. Maksud dari jangka pendek yaitu alat komunikasi pemasaran ini kan lebih cepat dalam menarik pelanggan untuk membeli produk Indihome. Alat komunikasi ini biasanya yang bersifat personal selling. Dalam melakukan hal ini biasanaya akan menggunakan tenaga sales person untuk langsung menawarkan produk IndiHome secara face to face. Sehingga pelanggan dapat menggali lebih banyak informasi kepada sales tentang produk yang ditawarkan. Hal ini akan sangat memungkinkan dapat terjadinya pembelian. Biasanya tenaga sales person akan memanfaatkan alat komunikasi lain guna untuk menunjang kegiatan yang mereka lakukan, yaitu dengan cara open table. Cara tersebut dilakukan dengan menjemput bola atau menjemput pelanggan. Biasanya open table dilakukan di pinggir-pinggir jalan yang potensial, event-event besar dan menarik. 2. Brand image merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, yang dimana brand image juga akan mempengaruhi penjualan produk IndiHome. Sehingga berhubungan dengan komunikasi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dalam memperbaiki brand image dibenak pelanggan untuk produk IndiHome PT Telkom Witel Jatim Surabaya memiliki alternatif dalam menanggani hal tersebut. Diantaranya yaitu terus melakukan komunikasi pemasaran secara intensif dibanding dengan sebelumnya. Khususnya pada alat komunikasi yang memiliki manfaat jangka panjang, seperti media elektronik, website, iklan di TV, medial sosial. Alat komunikasi tersebut dipilih karena merupakan alat komunikasi yang paling sering dijumpai oleh calon pelanggan. Selain itu memiliki tujuan untuk menambah penjualan, alat komunikasi tersebut juga bertujuan untuk selalu mengingatkan pelanggan tentang adanya produk IndiHome. Sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap image perusahaan dibenak pelanggan. Selain melakukan komunikasi pemasaran secara intensif, PT Telkom Witel Jatim Surabaya juga senantiasa memperbaiki faktor internal perusahaan, baik Sumber Daya Manusia maupun maintenance yang ada di dalam perusahaan. Sehingga fungsinya dapat berjalan sebagaimana mestinya. Serta PT Telkom Witel Jatim Surabaya juga selalu berusaha untuk memperbaiki kualitas produk IndiHome dan memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang telah dikomunikasikan kepada pelanggan. Sehingga dengan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat memperbaiki image perusahaan dibenak pelanggan. Berdasarkan kesimpulan yang telah disebutkan di atas, maka saran yang dapat disampaikan kepada PT Telkom Witel Jatim Surabaya yaitu : 1. Sebaiknya PT Telkom Witel Jatim Surabaya lebih mengorganisir lebih lanjut kegiatan komunikasi pemasaran yang akan dilakukan dengan memiliki rencana kegiatan komunikasi pemasaran apa saja yang akan dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. Khususnya pada personal selling yang dilakukan oleh para sales person. Sehingga para sales person juga lebih teroganisir dengan baik. 2. Selain itu PT Telkom Witel Jatim Surabaya seharusnya juga menetapkan wilayah-wilayah yang yang digunakan untuk open table maupun kegiatan komunikasi lainnya. Serta dalam melakukan open table harusnya dilakukan dengan jangka panjang di satu wilayah yang telah ditetapkan. Manfaat yang dapat diambil dengan open table jangka panjang yaitu pelanggan akan mudah menemukan sales person yang sedang melakukan open table guna mendapatkan informasi tentang IndiHome. 3. PT Telkom Witel Jatim Surabaya juga hendaknya menambah tenaga sales person guna untuk menjangkau para calon pelanggan. Mengingat bahwa alat komunikasi pemasaran melalui tenaga sales person merupakan komunikasi yang efektif dalam meningkatkan penjualan produk IndiHome. 4. Hendaknya PT Telkom Witel Jatim Surabaya lebih tanggap dalam menanggapi dan memperbaiki gangguan yang terjadi pada pelanggan. Sehingga pelanggan tetap loyal terhadap produk IndiHome. 5. Dalam hal internal, sebaiknya PT Telkom Witel Jatim Surabaya memperbaiki maintenance yang selama ini dilakukan. Selain itu juga hendaknya memperbaiki Sumber Daya Manusia dengan memberikan program-program pelatihan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM. 14-16 Okt k
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI, PEMASARAN PRODUK INDIHOME, PT TELKOM WITEL JATIM SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsEmail
Olivia Dinar Oktadiani, 041310313085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPhima Ruthia Dwikesumasari, S.E.,M.SM.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Mar 2017 19:48
Last Modified: 06 Aug 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item