GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMOTIVASI KERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI DI SURABAYA

Rr. Siti Ambar Kusumastuti, 071211633032 (2017) GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR DALAM MEMOTIVASI KERJA PEGAWAI PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Rr AMBAR-min.pdf

Download (647kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai gambaran terkait dengan beberapa faktor-faktor yang berperan dalam memotivasi kerja pegawai perpustakaan sekolah khususnya sekolah menengah atas negeri di Surabaya. Dimana pada faktor-faktor dari motivasi sendiri yang menurut teori Herzberg terbagi atas dua, yaitu : motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Pada penelitian ini ditemukan bahwa hasil dari faktor motivasi intrinsik : Prestasi kerja (Achievement) = 3,82, Pengakuan (Rocognition) = 4,01, Tanggung Jawab (Responbility) = 3,83, Pertumbuhan untuk berkembang (The possibility of growth) = 3,87, dan Kerja itu sendiri (The Work itself) = 3,44. Sedangkan pada faktor motivasi ekstrinsik timbul karena adanya sebuah rangsangan yang berasal dari luar diri individu tersebut : Upah atau Gaji (Salary) = 3,31, Prosedur dan Kebijakan Organisasi (Organizational policy and procedure) = 3,67, Penyeliaan/Pengawasan (Supervision) = 4,01, Hubungan Interpersonal (Interpersonal Relations) = 3,95, Kondisi Kerja (Working Conditions) = 2,92, Status (Status) = 2,57, dan Keamanan Kerja (Job Security) = 3,89. Pada hasil nilai skor keseluruhan total dari kategori motivasi intrinsik sebesar 3,80 (Tinggi). Sedangkan untuk kategori motivasi ekstrinsik sendiri memiliki nilai skor rata-rata sebesar 3,47 (Tinggi). Memang pada kedua hasil keseluruhan baik dari motivasi intrinsik maupun dari faktor ekstrinsik memiliki skor nilai dengan kategori tinggi. Karena setiap motivasi yang dimiliki akan menghasilkan bentuk motivasi yang berbeda antara individu satu dengan individu lainnya. Semakin baik motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik yang diterima dan yang diberikan kepada pegawai perpustakaan sekolah, maka akan dapat berpengaruh bagi peningkatkan kinerja dari pegawai perpustakaan tersebut dan dapat menghasilkan pekerjaan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.42/16 Kus g
Uncontrolled Keywords: Pegawai Perpustakaan Sekolah, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rr. Siti Ambar Kusumastuti, 071211633032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHELMY PRASETYO Y, S.SOS., M.KPUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 22:46
Last Modified: 06 Aug 2017 20:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item