PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN STRATEJIK DALAM RANGKA MEMINIMALISASI PAJAK TERUTANG SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN ARUS KAS PADA PT.PAL INDONESIA

RIA JULI DAMAYANTI, 049936654 (2003) PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN STRATEJIK DALAM RANGKA MEMINIMALISASI PAJAK TERUTANG SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN ARUS KAS PADA PT.PAL INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 77.03 Dam P(2002).pdf

Download (306kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kewajiban membayar pajak merupakan saIah satu kewajiban yang hams dipenuhi oleh setiap warga negara. Dalam menghitung pajaknya, Wajib Pajak akan mengharapkan bahwa pajak terutang yang akan dibayarkan menjadi seminimal mungkin. Keputusan untuk melakukan suatu penekanan pajak terutang merupakan tanggungjawab dari tax planner (perencana pajak). Perencanaan pajak merupakan salah satu bagian dari manajemen pajak (tax management), yaitu penekanan jumlah pajak dengan cara legal dengan menggunakan suatu strategi. Perencanaan pajak merupakan upaya legal, sebab penghematan pajak hanya akan dilakukan dengan memanfaatkan hal-hal yang tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun yang teIah diatur dalam undang-undang namun bersifat lemah (loopholes). Setiap pengambilan keputusan, baik oleh dewan komisaris, direktur maupun manajer keuangan, harus direncankan secara baik sehingga dapat menghasilkan suatu keputusan yang stratejik. Perencanaan pajak yang matang akan dapat mengetahui aliran kas, dan untuk itulah akan diajukan suatu alternatif bahwa penerapan perencanaan pajak adalah saIah satu yang ikut berpengaruh terhadap arus kas perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A.77-03 Dam p.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RIA JULI DAMAYANTI, 049936654UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELIA MUSTIKASARI, Dra., M.Si, Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 15 Mar 2017 23:39
Last Modified: 15 Mar 2017 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54635
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item