HUBUNGAN LAMA MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN PACAR KELING

LUTHFI DWI RAHMAWATI, 011211232005 (2016) HUBUNGAN LAMA MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHAN PACAR KELING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FK. BID. 73-16 Rah h-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Televisi merupakan salah satu faktor lingkungan pascanatal yang berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari anak prasekolah. Lama menonton televisi yang berlebihan pada anak-anak diketahui menyebabkan mereka pasif dan mengurangi waktu mereka dalam melakukan aktivitas fisik, bersosialisasi bersama teman dan keluarga, serta aktivitas interaktif lainnya. Berkurangnya waktu anak-anak dalam bersosialisasi dan berinteraksi aktif akan mempengaruhi kemampuan dan perkembangan personal sosialnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara lama menonton televisi dengan perkembangan personal sosial pada anak prasekolah. Metode: Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan pada anak prasekolah usia 3-5 tahun dengan teknik simple random sampling pada bulan Mei 2016 dengan jumlah total responden 119. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner lama menonton televisi dan lembar KPSP. Analisis data menggunakan uji Chi Square (χ2), IK=95%. Hasil: Data penelitian menunjukkan 37,8% anak menonton televisi secara berlebihan (>2jam/hari) dan sisanya menonton televisi ≤2jam/hari. Terdapat 37% anak-anak prasekolah yang mengalami gangguan perkembangan personal sosial. Hasil analisis bivariat menunjukkan nilai p=1,00; C=0,13. Akan tetapi, usia (p=0,03;C=0,28) dan jenis kelamin anak prasekolah (p=0,01;C=0,24) ditemukan sebagai faktor signifikan yang berpengaruh terhadap perkembangan personal sosial mereka. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa usia dan jenis kelamin anak merupakan faktor signifikan yang mempengaruhi perkembangan personal sosial anak prasekolah dan tidak ada hubungan antara lama menonton televisi dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK BID 73-16 Rah h
Uncontrolled Keywords: Menonton televisi, perkembangan personal sosial, anak prasekolah
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
LUTHFI DWI RAHMAWATI, 011211232005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Faizi, dr., Sp.A(K)UNSPECIFIED
ContributorHermina Humune, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Mar 2017 16:43
Last Modified: 06 Aug 2017 20:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item