Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Literasi Dini ( Early Literacy) Di Kabupaten Sidoarjo

INDAH RACHMA CAHYANI, 071211633001 (2017) Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Literasi Dini ( Early Literacy) Di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
INDAH RACHMA CAHYANI-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Peran Orang tua dan guru dalam mengembangkan Literasi dini. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui gambaran peran orang tua dan guru dalam mengembangkan serta menumbuhkan kemampuan awal literasi pada anak, hingga mengembangkan sinergisitas orang tua dan guru dalam bersama-sama mengembangkan literasi dini pada anak . Pada usia dini yakni usia golden age adalah saat yang baik bagi orang tua dan guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan awal literasi pada anak. Pada anak usia dini Literasi dini sebenarnya bukan diartikan mengajarkan membaca, tapi membangun fondasi untuk membaca agar dikemudian hari apabila anak sudah waktunya belajar membaca mereka lebih siap. Sebab literasi dini memberikan alternatif baru guna membantu anak-anak belajar berbicara, membaca, dan menulis namun tidak mengarahkan serta menyuruh mereka membaca dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara klaster proposional atau probability proportionate ti size/PPS pada seluruh Taman Kanak-kanak (Tk) yang ada di kabupaten Sidoarjo. mengambil sampel dari kelompok klaster atau seluruh populasi Tk di kabupaten sidoarjo dari kelompok klaster. Peneliti mengambil sampel 10% dari total populasi yakni 957 TK, dengan demikian 10% dari 957 adalah 96 (dibulatkan menjadi 100 TK yang akan dijadikan sampel). Penelitian ini bertujuan Untuk Mendiskripsikan Peran orang tua dan Guru TK dalam mengembangkan Literasi Dini, termasuk Mendiskripsikan Model Literasi Anak yang dilakukan Orang Tua dan dan Guru TK dalam mengembangkan Literasi Dini, dan mengetahuai apakah ada Perbedaan antara Peran Orang Tua dan Guru TK dalam mengembangkan Literasi Dini. Dalam penelitian ini menggunakan teori besar Teori Perkembangan Kognitif dari Jean Piaget dan beberapa teori pendukung. Dari hasil analisa data yang diperoleh dapat diketahui bahwa Sebagai role model untuk anak, orang tua bisa dikatakan belum bisa dan belum mampu menjadi model yang baik untuk anak mereka dalam kegiatan mengembangkan literasi dini, disini dibuktikan bahwa sebanyak 74 responden dari 100 responden yang diteliti menyatakan lebih sering melakukan kegiatan memonton televisi dari pada membaca buku. Fakta lain mengungkapkan bahwa Ketidaktersediaan buku dirumah salah satunya disebabkan oleh ketidakmampuan secara ekonomi orangtua untuk membeli buku. Dan ketidaktersediaan quality time bersama anak adalah karena orang tua sibuk bekerja, baik itu ayah maupun ibu. Dalam penelitian ini diketahui secara signifikan guru berperan dalam kegiatan mengembangkan literasi anak usia dini di sekolah, seperti yang telah diketahui bahwa guru berperan sebagai Imposer dan murid menjadi agent dimana dikatan dalam teori Imposed query

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.47/16 Cah p
Uncontrolled Keywords: Literasi dini, Peran orang tua, Peran guru, Kabupaten Sidoarjo
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
INDAH RACHMA CAHYANI, 071211633001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorENDANG GUNARTI, DRA.,M.IkomUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 16:48
Last Modified: 06 Aug 2017 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item