ANALISIS MOTIVASI DAN EFFORT PENGARUH WAKTU ANGGOTA KOMUNITAS PENGEMBANG BLANKON DALAM PROYEK PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK BEBAS DAN TERBUKA BLANKON LINUX

KUKUH SYAFAAT, 040710144 (2013) ANALISIS MOTIVASI DAN EFFORT PENGARUH WAKTU ANGGOTA KOMUNITAS PENGEMBANG BLANKON DALAM PROYEK PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK BEBAS DAN TERBUKA BLANKON LINUX. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2013-syafaatkuk-25376&no=6

Download (1kB)
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B.115-13 Sya a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang berisikan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. BlankOn Linux dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama komunitas pengembang BlankOn. Pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong, sehingga siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi seseorang bergabung dalam komunitas pengembang BlankOn serta mengkaji effort penggunaan waktu anggota komunitas pengembang BlankOn terhadap proyek pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka BlankOn Linux. Data dalam penelitian ini terdiri atas delapan wawancara dengan anggota komunitas pengembang BlankOn dari berbagai daerah di Indonesia yang dipilih dengan judgement sampling. Penulis menganalisis wawancara menggunakan teknik mengecek ulang dan triangulasi dengan menggunakan sumber dari anggota komunitas pengembang BlankOn baik itu yang aktif maupun non-aktif kemudian menghubungkan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini adalah motivasi utama yang mendasari mayoritas key informant bergabung dalam komunitas pengembang Blankon lebih didasari oleh motif competence dan relatedness, motif interest/enjoyment dan autonomy yang dimiliki sebagian kecil key informant hanya sebagai faktor pendukung. Sementara itu, effort penggunaan waktu anggota komunitas pengembang BlankOn terhadap proyek pengembangan perangkat lunak bebas dan terbuka BlankOn Linux, yaitu sebagian key informant menyatakan telah tergabung selama lebih dari empat tahun dan waktu pengembangan yang dihabiskan rata-rata adalah tiga jam dalam satu hari dan lima hari dalam satu minggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.115/13 Sya a
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Effort, Perangkat Lunak Bebas dan Terbuka, BlankOn Linux.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
T Technology > T Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
KUKUH SYAFAAT, 040710144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorNurtjahja Moegni, Dra. Ec., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 09 Jul 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 09:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item