KONSENTRASI RADON DI AIR DAN ESTIMASI DOSIS EFEKTIF PARU YANG DITERIMA PENDUDUK AKIBAT PAPARAN LURUHAN RADON DI DALAM KAMAR MANDl DI WILAYAH JAKARTA SELATAN

JOKO SOEHENDRO, 089311030 (1998) KONSENTRASI RADON DI AIR DAN ESTIMASI DOSIS EFEKTIF PARU YANG DITERIMA PENDUDUK AKIBAT PAPARAN LURUHAN RADON DI DALAM KAMAR MANDl DI WILAYAH JAKARTA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpf 36.98 soe k.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur konsentrasi radon di air di wilayah Jakarta Selatan. Dengan mengetabui konsentrasi radon di air, maka konsentrasi luruhan radon di dalam kamar mandi akibat berpindahnya radon dari air ke udara dapat diketahui. Selanjutnya dapat diestimasi dosis efektif paru tahunan yang diterima penduduk Jakarta Selatan, akibat paparan luruhan radon di dalam kamar mandi. Konsentrasi radon diukur dengan menggunalcan alat Pencacah Sintilasi Cair (Liquid Scintillation Counter = LSC) yang memanfaatkan terjadinya cahaya pada larutan sintilator. karena terkena radiasi (a. dan 13) dan bekerja secara otomatis. Pengukuran konsentrasi radon di air dilakukan untuk beberapa jenis sumber air (air PAM, air sumur. air pompa dan air artetis). Dari hasil penelitian diperoleh konsentrasi radon di air berkisar antara tidak terdeteksi sampai (8,30 ± 0,36)lcY Bq/ml. HasH ini ternyata tidak melebihi ambang batas yang direkomendasikan ICRP, yaitu sebesar 11.000 Bq/m3. Sedangkan hasil estimasi dosis efektif paru yang diterima penduduk akibat paparan luruhan radon di dalam kamar mandi. diperoleh dosis berkisar antara (2,6S ± 0,24) 1 0.2 mSv/tabun sampai (7,72 ± 0,16)10.1 mSv/tahun. Harga dosis ini temyata tidak melebihi ambang batas yang direkomendasikan lCRP pada paparan penduduk umum yaitu. sebesar 1 mSv/tabun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk mpf 36.98 soe k
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsEmail
JOKO SOEHENDRO, 089311030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Redjani, Prof. DrUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 20:08
Last Modified: 16 Mar 2017 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item