Internet Plagiarism di Kalangan Mahasiswa(Studi Fenomenologi Tentang Motif Internet Plagiarism Di KalanganMahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga)

Vindy Andriani Miranti, 071211632017 (2017) Internet Plagiarism di Kalangan Mahasiswa(Studi Fenomenologi Tentang Motif Internet Plagiarism Di KalanganMahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Vindy_Andriani-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena internet plagiarism di kalangan mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Universitas Airlangga merupakan fokus dari penelitian ini. Internet plagiarism dalam penelitian ini merupakan sebuah peristiwa mengenai praktik plagiasi yang menjamur di kalangan mereka akibat keberadaan layanan media internet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat in-order-to motive dan because motive yang melatarbelakangi mahasiswa dalam melakukan praktik internet plagiarism. Prosedur penelitian kualititatif dan pendekatan fenomenologi dengan bangunan teori dari Alfred Schutz digunakan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan tersebut. Informan penelitian diambil melalui purposive sampling adalah pelaku internet plagiarism yang berasal dari kalangan mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Universitas Airlangga sebanyak 7 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan telaah dokumen yang dianalisis menggunakan teknik analisis reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Universitas Airlangga yang menjadi informan penelitian ini, dalam melakukan praktik internet plagiarism dipengaruhi oleh because motive yang merujuk pada gambaran masa lalu informan yang peneliti sebut sebagai motif primer dan in-order-to motive yang merujuk pada masa depan yang peneliti sebut sebagai motif sekunder, serta motif pertukaran. Berdasarkan hal diatas, ditemukan bahwa motif yang menjadi latarbelakang fenomena internet plagiarism meliputi faktor Pressure, yakni desakan tugas dan waktu yang menjadi motif primer, serta reward dan efisiensi yang menjadi motif sekunder; faktor Avoidance, yakni rasa malas sebagai motif primer dan kemudahan sebagai motif sekunder; serta faktor Library and Student Culture, yakni layanan perpustakaan yang rumit dan terbatas dimana faktor ini hanya dirasakan oleh mahasiswa dari kalangan perempuan, pengaruh teman, serta gaya kepemimpinan dosen yang bersifat ―laissez – faire‖ yang menjadi motif primer dan kenyamanan, konformitas, serta pembentukan dunia pengetahuan baru yang menjadi motif sekunder; serta motif pertukaran yang dikeluarkan oleh George Caspar Hormans sebagai kritik terhadap Alfred Schutz yang didapatkan oleh peneliti melalui data dilapangan bahwasanya tidak selalu suatu tindakan individu dilatarbelakangi oleh in order to motive dan because motive, namun juga dapat dilatarbelakangi oleh motif pertukaran yang dianggap menguntungkan, turut mempengaruhi dan meyakinkan mereka untuk mengklaim tulisan yang ditulis oleh orang lain dan mengakuinya sebagai hak milik mereka yang berupa tipuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 56/16 Mir i
Uncontrolled Keywords: internet plagiarism, mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan,Universitas Airlangga, motif primer (because motive), motif sekunder(in-order-to motive), motif pertukaran.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Vindy Andriani Miranti, 071211632017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRI SOESANTARI, DRA.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2017 22:36
Last Modified: 22 Jan 2018 23:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54767
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item