RANCANG BANGUN ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS CAHAYA TAMPAK (BAGIAN II)

Fahmi Diyati, 081310213012 (2016) RANCANG BANGUN ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS CAHAYA TAMPAK (BAGIAN II). Tugas Akhir D3 thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.OSI.39-16 Diy r-Astrak.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.OSI.39-16 Diy r-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Robot Line Follower adalah suatu robot yang berjalan mengikuti garis yang memiliki warna berbeda dari lintasan yang dilaluinya. Dalam perancangan dan pengaplikasiannya, ada beberapa masalah yang harus dipecahkan yaitu perancangan hardware yang meliputi sistem mekanis robot dan perangkat elektroniknya, perancangan mekanik berupa desain sensor dan perancangan software untuk sistem pengendalian robot. Dalam perancangannya Robot Line Follower dibagi menjadi tiga bagian umum yaitu bagian mata dalam hal ini berupa sensor cahaya untuk mendeteksi jalur robot pada suatu lintasan, bagian kaki yaitu berupa motor untuk pergerakan robot, serta bagian otak yaitu berupa IC Mikrokontroller ATMega16 sebagai pengendali robot. Dari hasil pengujian jarak terhadap tegangan pada bidang warna hitam dan putih didapatkan jarak terbaik pada jarak 0cm yang didapatkan dari jarak antar LED dan Photodiode. Pada pengujian terhadap warna LED dan perbedaan bidang pantulan didapatkan hasil untuk bidang keramik (putih) adalah LED putih, kayu (coklat) adalah LED biru, karpet (Abu abu) adalah LED kuning, bannner (putih) adalah LED putih , dan lakban (hitam) adalah LED kuning. Dari hasil pengujian keseluruhan sistem didapatkan persentase keberhasilan 100%, dimana pengujian ini dilakukan pada bidang lintasan yang berbeda yaitu keramik putih dan banner putih dengan berbagai desain lintasan (garis hitam) yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa sistem bekerja sesuai dengan yang di harapkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 39-16 Diy r
Uncontrolled Keywords: Robot Line Follower, sensor photodiode , pengambilan data
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
Fahmi Diyati, 081310213012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWinarno, S.Si., M.T.UNSPECIFIED
Thesis advisorDeny Arifianto, S.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Mar 2017 22:39
Last Modified: 07 Aug 2017 16:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54817
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item