OPINI MASYARAKAT TERHADAP PERSONAL BRAND CAWABUP DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kasus Tan Mei Hwa Sebagai Perempuan Muslim Tionghoa Dalam Pencalonan Pilkada Kabupaten Sidoarjo 2015

RAMA DIMAS ADE KUSUMA, 071414853013 (2016) OPINI MASYARAKAT TERHADAP PERSONAL BRAND CAWABUP DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kasus Tan Mei Hwa Sebagai Perempuan Muslim Tionghoa Dalam Pencalonan Pilkada Kabupaten Sidoarjo 2015. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TSK.37-16 Kus o abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TSK.37-16 Kus o-min.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang opini masyarakat Kabupaten Sidoarjo terhadap personal brand Tan Mei Hwa sebagai perempuan muslim Tionghoa dalam pencalonan pilkada Kabupaten Sidoarjo 2015. Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 adalah pertama kalinya Indonesia mengadakan Pemilihan Umum secara serentak seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dimanfaatkan salah satunya oleh Tan Mei Hwa sebagai perempuan muslim Tionghoa, yang berusaha membentuk citra yang kuat dan jelas pada masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Pada penelitian ini, pengambilan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan dua kelompok informan, yakni kelompok pemula (P) dan kelompok lanjutan (U). Metode yang digunakan adalah studi kasus, supaya dapat memberikan gambaran secara mendetail sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari Tan Mei Hwa, dengan pedoman wawancara yang telah disusun sebelumnya mengenai personal brand yang dikaitkan dengan identitas diri Tan Mei Hwa. Dari hasil dan analisis, disimpulkan bahwa pendapat masyarakat mengenai personal brand Tan Mei Hwa adalah perempuan pendakwah beretnis Tionghoa. Namun pemilihan partai dan pasangan politik yang kurang sesuai menyebabkan personal brand Tan Mei Hwa tidak maksimal dalam pencalonan wakil bupati. Adapun aspek karakteristik pada elemen kekhasan, masyarakat merasakan kualitas nilai-nilai agama yang tetap dipertahankan sembari memperjuangan hak-hak kaum perempuan. Tetapi pada elemen relevansi, terlihat dari masyarakat yang belum bisa menerima etnis Tionghoa, karena adanya label kikir yang terlanjur melekat dan kekhawatiran menguasai perekenomian Indonesia. Kata Kunci: Opini Publik, Personal Brand, Perempuan Dalam Politik, Pilkada

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.37-16 Kus o
Uncontrolled Keywords: Opini Publik, Personal Brand, Perempuan Dalam Politik, Pilkada
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RAMA DIMAS ADE KUSUMA, 071414853013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos, M.MUNSPECIFIED
Thesis advisorSony Kusumasondjaja, S.E, M.Com, Ph.D,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Mar 2017 19:05
Last Modified: 09 Aug 2017 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item