PENERAPAN STRATEGIC MARKETING PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JEMUR HANDAYANI SURABAYA

RAMADHANI, APRILIA KINASIH PUTRI, NIM. 041014117 (2014) PENERAPAN STRATEGIC MARKETING PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JEMUR HANDAYANI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhania-37698-6.--abst-k.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB. EI. 100_14 Ram p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kantor dan pegawai yang bertambah di setiap tahunnya. Perkembangan dari perbankan syariah ini dapat menimbulkan persaingan. Oleh karena itu, dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat, bank syariah membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan prinsip syariah. Strategic marketing terdiri dari tiga unsur, yakni segmentasi, targeting, dan positioning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategic marketing pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jemur Handayani, dilihat dari tiga aspek, yakni segmentasi, targeting, dan positioning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada subyek penelitian, yakni pegawai Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jemur Handayani Surabaya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategic marketing pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jemur Handayani sudah sesuai dengan prinsip syariah. Segmen pasar Bank Syariah Mandiri adalah dilihat dari dua aspek, yakni pembiayaan dan pendanaan. Sedangkan untuk targeting, Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jemur Handayani menggunakan pola cakupan pasar penuh, karena perusahaan berusaha melayani semua nasabah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Positioning dilakukan dengan mengedepankan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB. EI. 100/14 Ram p
Uncontrolled Keywords: BANK MARKETING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RAMADHANI, APRILIA KINASIH PUTRI, NIM. 041014117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAri Prasetyo, SE., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Dec 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item