EVALUASI PENGGUNAAN E-ARSIP SEBAGAI MEDIA RETRIEVAL DI UNIT KEARSIPAN LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (Studi Deskriptif Evaluasi Penggunaan E-Arsip Menggunakan Model Factor Effecting is Effeciveness di LAPAN)

Yunita Febriani, 071211631015 (2017) EVALUASI PENGGUNAAN E-ARSIP SEBAGAI MEDIA RETRIEVAL DI UNIT KEARSIPAN LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (Studi Deskriptif Evaluasi Penggunaan E-Arsip Menggunakan Model Factor Effecting is Effeciveness di LAPAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Skripsi 1935-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap lembaga atau organisasi menciptakan dan menerima arsip sebagai bagian dari kegiatannya. Arsip berfungsi untuk menunjang segala kegiatankegiatan yang dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi lembaga/organisasi yang bersangkutan. Arsip yang memiliki nilai dan fungsi untuk menunjang kepentingan organisasi atau lembaga akan tetap disimpan dalam jangka waktu tertentu, arsip yang disimpan memungkinkan untuk dipinjam oleh pengguna ketika dibutuhkan. Menurut Sulistyo-Basuki (2003), sebuah pusat arsip dinamis dianggap baik dilihat dari kemampuan temu kembali arsipnya. Oleh karena itu temu kembali arsip merupakan sebuah tahapan yang sangat penting dalam manajemen arsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan e-arsip sebagai media temu kembali informasi di unit kearsipan Lapan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling/ sampling jenuh. Sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota semua sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 32 orang responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, data sekunder, dan studi pustaka. Dari analisa data yang diperoleh dapat diketahui bahwa penggunaan earsip oleh arsiparis Lapan dapat disimpulkan bahwa tingkat keefektifan e-arsip dalam menemukan kembali informasi yang diinginkan adalah tinggi dengan nilai rata-rata 4,51 dari hasil keseluruhan variabel (system quality, information system, perceived usefulness, perceived easy of use, computer self efficacy, information system use, dan individual impact).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 67/16 Feb e
Uncontrolled Keywords: efektivitas, retrieval, dan e-arsip
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yunita Febriani, 071211631015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYUNUS ABDUL HALIM, S.SI.,M.KOMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2017 19:42
Last Modified: 09 Aug 2017 23:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item