PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI TERHADAP SIKLUS MENTRUASI PADA KOMUNITAS INDORUNNERS SURABAYA

Mitha Ayu Paramedhita, 011211232008 (2016) PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI TERHADAP SIKLUS MENTRUASI PADA KOMUNITAS INDORUNNERS SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FK. BID. 99-16 Par p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Olahraga atau latihan fisik yang berat dapat menyebabkan gangguan pada pulsasi GnRH. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan menstruasi, termasuk ketidakteraturan siklus menstruasi. Perubahan metabolisme steroid mengakibatkan peningkatan kadar noradrenaline intracerebral (norepinephrin) yang mempengaruhi release atau pelepasan gonadotropin. Susu kedelai mengandung fitoestrogen, yaitu isoflavon (genistein) yang memiliki efek estrogenik lemah dengan afinitas yang lebih rendah saat berikatan dengan RE. Isoflavon akan berikatan dengan reseptor estrogen di GnRH yang merangsang sekresi FSH dan LH. Penelitian oleh Cassidy (1995) menunjukkan bahwa terdapat perubahan siklus menstruasi, yaitu dari 25 hari ke 30 hari pada sampel yang diberikan Miso, sedangkan pada sampel yang diberikan TVP mengalami pemendekan dari 33 hari ke 32 hari. Penelitian dengan metode randomized controlled trial ini menggunakan Komunitas Indorunners Surabaya (komunitas terlatih lari) 20 orang sebagai subjek penelitian yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol yang berjumlah 10 orang. Waktu pemberian susu kedelai pada kelompok perlakuan adalah setelah fase menstruasi, selama 1 minggu dengan takaran 250 ml per hari. Sedangkan, kelompok kontrol dipastikan tidak mengkonsumsi susu kedelai selama waktu tersebut. Analisis dengan uji beda pada dua kelompok berpasangan (α=0,05) menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian susu kedelai terhadap siklus menstruasi (p=0,916). Analisis dengan uji beda pada dua kelompok bebas dan didapatkan pula bahwa tidak ada pengaruh pemberian susu kedelai terhadap siklus menstruasi (p=0,318). Olahraga tidak menimbulkan gangguan menstruasi pada komunitas terlatih. Selanjutnya, pemberian susu kedelai selama 1 minggu pada saat sebelum ovulasi tidak mempengaruhi siklus menstruasi pada komunitas terlatih lari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK BID 99-16 Par p
Uncontrolled Keywords: Olahraga, Siklus menstruasi, Susu kedelai, Isoflavon
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene, Including clothing, bathing, exercise, travel, nutrition, sleep, sex hygiene
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
Mitha Ayu Paramedhita, 011211232008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBambang Purwanto, Dr. , dr., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorJimmy Yanuar Annas, dr., Sp.OG (K)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Mar 2017 21:24
Last Modified: 19 Mar 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item