“PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DALAM PELAYANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN KHUSUS” “(Studi Eksplanatif Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan Di Perpustakaan AAL, ATKP, PoltekKP, PoltekPel, dan PusdikPol di Daerah Surabaya dan Sidoarjo)”

Endah Nurcahayati, 071211632061 (2017) “PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DALAM PELAYANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN KHUSUS” “(Studi Eksplanatif Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kinerja Pustakawan Dalam Pelayanan Di Perpustakaan AAL, ATKP, PoltekKP, PoltekPel, dan PusdikPol di Daerah Surabaya dan Sidoarjo)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ENDAH_NURCAHYATI-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan perpustakaan sangat dipengaruhi oleh adanya pustakawan yang memiliki peran penting dalam membantu mencapai tujuan/sasaran serta dapat membangun citra positif dihadapan masyarakat. Peran tersebut dapat dijalankan bila pustakawan dapat menghasilkan kinerja yang baik sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Seperti pernyataan yang terdapat didalam Undangundang perpustakaan nomer 43 tahun 2007 yang mendefinisikan bahwa pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/ atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengolahan dan pelayanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kinerja pustakawan di perpustakaan khusus yang meliputi perpustakaan AAL, ATKP, PoltekKP, PoltekPel, dan PusdikPol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey dan metode yang digunakan adalah metode eksplanatif. Populasi sampel 32 pustakawan dengan menggunkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan berpengaruh positif terhadap kinerja pustakawan, dimana nilai t-hitung yang diperoleh 10,303 dengan taraf signifikan 0,000. Kemudian hasil analisis determinasi menjelaskan bahwa nilai determinasi R2 (R Square) sebesar 0,780. Serta nilai rata-rata pada setiap variabel menghasilkan nilai yang menunjukkan kategori baik, dimana pada variabel X meliputi kompetensi manajemen informasi 3,19, kompetensi interpersonal 3,23, kompetensi teknologi informasi 2,94, dan kompetensi manajemen 3,15. Sedangkan nilai rata-rata variabel Y yaitu dari kesetiaan 3,28, prestasi kerja 3,21, kedisiplinan 3,26, kreativitas 3,26, kerjasama 3,26, kecakapan 3,23, tanggung jawab 3,21, kuantitas kerja 3,23, kualitas kerja 3,19, pengetahuan tentang pekerjaan 3,14, keaslian gagasan 3,23, kesadaran dan kepercayaan 3,26, dan personal quality 3,14. Adapun saran yang disampaikan adalah kompetensi dan kinerja yang menghasilkan nilai rata-rata tinggi agar tetap selalu dipertahankan disetiap diri pustakawan. Sedangkan kompetensi dan kinerja yang menghasilkan nilai rata-rata paling rendah agar supaya lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 72/16 Nur p
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pustakawan, Kinerja Pustakawan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Endah Nurcahayati, 071211632061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHELMY PRASETYO Y, S.SOS., M.KPUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 16:42
Last Modified: 26 Jan 2018 01:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item