TINGKAT PEMAHAMAN ARSIPARIS TENTANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA( Studi Deskriptif Tingkat Pemahaman Arsiparis Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Lembaga Kearsipan Daerah Istimewa Yogyakarta)

ISTRI LINA WIDIASTUTI, 071411623016 (2017) TINGKAT PEMAHAMAN ARSIPARIS TENTANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA( Studi Deskriptif Tingkat Pemahaman Arsiparis Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Lembaga Kearsipan Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
Istri_Lina_Widiastuti-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan dan keselamatan kerja menjadi suatu hal yang perlu dipahami oleh arsiparis karena profesi arsiparis merupakan salah satu profesi yang mempunyai resiko pekerjaan yang cukup tinggi. Banyaknya sumber penyakit yang berasal dari khazanah arsip dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan arsiparis. Pada studi ini peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk melihat bagaimana tingkat pemahaman arsiparis tentang kesehatan dan keselamatan kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah arsiparis di Lembaga Kearsipan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling, teknik ini digunakan karena populasi yang homogen. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabelnya menggunakan skala Likert dengan empat skala. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman tentang kesehatan dan keselamatan kerja dengan melihat dari tiga faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan keselamatan kerja yaitu faktor beban kerja, lingkungan kerja, dan kapasitas kerja. Teori tingkat pemahaman digunakan untuk mengukur kesehatan dan keselamatan kerja arsiparis melalui tujuh tingkat pemahaman yaitu, interpreting, exemplifying, classifying, summarizing, inferring, comparing, dan explaining. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsiparis memiliki pemahaman tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada tingkat interpreting, exemplifying, comparing, dan explaining berada pada skor diantara 3,28- 4,03 yang dikategorikan Tinggi. Sedangkan pada tingkat classifying, summarizing, dan inferring menunjukkan hasil yaitu berada pada skor diantara 2,52- 3,27 yang dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 73/16 Wid t
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pemahaman, Arsiparis, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ISTRI LINA WIDIASTUTI, 071411623016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRAGIL ATMI, S.IIP.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 17:00
Last Modified: 26 Jan 2018 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54986
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item