LESTARI SINARING PUTRI, 041310313011
(2016)
POLA SALES MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PASCA PEMBELIAN MOBIL FORTUNER PADA PERUSAHAAN AUTO2000
CABANG AHMAD YANI SURABAYA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan penulisan yang dilakukan dengan menganalisa informasi dan
data-data dari peusahaan AUTO2000 Cabang Ahmad Yani Surabaya, penulis
dapat menggambil kesimpulan:
1. Dalam menjalin hubungan dengan konsumen fortuner pada saat pasca
pembelian sales melakukan beberapa cara yang sesuai dengan prosedur
perusahaan. Tugas sales paling dominan dalam melakukan pelayanan
tersebut, karena sebagai pihak utama dalam berkomunikasi dengan
pelanggan mulai dari awal prapembelian hingga pasca pembelian.
2. CRM (Customer Relationship Management) sebagai sistem yang
dilakukan pelanggan untuk memaintance database konsumen sehingga
memudahkan sales untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.
3. Kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan sales akan
berdampak pada perkembangan penjualan perusahaan. Terciptanya
kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset
penting bagi perusahaan .
4. Langkah-langkah yang dilakukan sales dalam membina hubungan dengan
pelanggan fortuner pasca pembelian seperti mengadakan costumer
gathering dan memfollow konsumen, agar tetap terjalin hubungan baik
dengan pelanggan.
5. Ada beberapa bentuk costumer gathering seperti gathering yang tidak
terfokus pada penjualan, gathering untuk komunitas, dan gathering yang
fokus pada penjualan. Ketiganya memiliki tujuan yang sama sebagai
bentuk menjalin keakraban dengan konsumen.
6. Cara lain untuk menjalin hubungan dengan konsumen selain dengan
gathering adalah dengan cara follow up konsumen pasca pembelian mobil
fortuner. Cara ini sebagai cara yang sederhana dan tidak memerlukan
banyak biaya untuk melakukannya, untuk gathering justru sebaliknya
4.2 Saran
Dengan adanya saran dari penulis diharapkan dapat meningkatkan kualitas
pelayanan pasca pembelian yang diberikan oleh sales AUTO2000 Cabang Ahmad
Yani Surabaya terhadap pelanggan fortuner. Saran yang diberikan oleh penulis,
sebagai berikut:
1. Sebaiknya melakukan survei berkala kepada setiap pelanggan mengenai
pelayanan yang diberikan oleh para sales. Tujuannya untuk mengetahui
dan memperbaiki pelayan agar menjadi lebih baik.
2. Perlunya pengawasan kepada para sales, agar masing-masing sales rutin
mefollow up pelanggannya.
3. Lebih ditingkatkan kembali pelayanannya agar proses membina hubungan
dapat terjalin dan meminimalisir kesalahan yang terjadi selama
pelaksanaan kegiatan yang dilakukan antara sales dan konsumen.
4. Memperluas media komunikasi antara pelanggan dan perusahaan, melalui
website khusus yang disediakan AUTO2000 Cabang Ahmad Yani
Surabaya, melalui media sosial seperti Line account dan media sosial
lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |