POLA SALES MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PASCA PEMBELIAN MOBIL FORTUNER PADA PERUSAHAAN AUTO2000 CABANG AHMAD YANI SURABAYA

LESTARI SINARING PUTRI, 041310313011 (2016) POLA SALES MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN PASCA PEMBELIAN MOBIL FORTUNER PADA PERUSAHAAN AUTO2000 CABANG AHMAD YANI SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.PM. 36-16 Put p abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV.PM. 36-16 Put p-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

4.1 Kesimpulan Berdasarkan penulisan yang dilakukan dengan menganalisa informasi dan data-data dari peusahaan AUTO2000 Cabang Ahmad Yani Surabaya, penulis dapat menggambil kesimpulan: 1. Dalam menjalin hubungan dengan konsumen fortuner pada saat pasca pembelian sales melakukan beberapa cara yang sesuai dengan prosedur perusahaan. Tugas sales paling dominan dalam melakukan pelayanan tersebut, karena sebagai pihak utama dalam berkomunikasi dengan pelanggan mulai dari awal prapembelian hingga pasca pembelian. 2. CRM (Customer Relationship Management) sebagai sistem yang dilakukan pelanggan untuk memaintance database konsumen sehingga memudahkan sales untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. 3. Kepuasan konsumen terhadap layanan yang diberikan sales akan berdampak pada perkembangan penjualan perusahaan. Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting bagi perusahaan . 4. Langkah-langkah yang dilakukan sales dalam membina hubungan dengan pelanggan fortuner pasca pembelian seperti mengadakan costumer gathering dan memfollow konsumen, agar tetap terjalin hubungan baik dengan pelanggan. 5. Ada beberapa bentuk costumer gathering seperti gathering yang tidak terfokus pada penjualan, gathering untuk komunitas, dan gathering yang fokus pada penjualan. Ketiganya memiliki tujuan yang sama sebagai bentuk menjalin keakraban dengan konsumen. 6. Cara lain untuk menjalin hubungan dengan konsumen selain dengan gathering adalah dengan cara follow up konsumen pasca pembelian mobil fortuner. Cara ini sebagai cara yang sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya, untuk gathering justru sebaliknya 4.2 Saran Dengan adanya saran dari penulis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pasca pembelian yang diberikan oleh sales AUTO2000 Cabang Ahmad Yani Surabaya terhadap pelanggan fortuner. Saran yang diberikan oleh penulis, sebagai berikut: 1. Sebaiknya melakukan survei berkala kepada setiap pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan oleh para sales. Tujuannya untuk mengetahui dan memperbaiki pelayan agar menjadi lebih baik. 2. Perlunya pengawasan kepada para sales, agar masing-masing sales rutin mefollow up pelanggannya. 3. Lebih ditingkatkan kembali pelayanannya agar proses membina hubungan dapat terjalin dan meminimalisir kesalahan yang terjadi selama pelaksanaan kegiatan yang dilakukan antara sales dan konsumen. 4. Memperluas media komunikasi antara pelanggan dan perusahaan, melalui website khusus yang disediakan AUTO2000 Cabang Ahmad Yani Surabaya, melalui media sosial seperti Line account dan media sosial lainnya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PM. 36-16 Put p
Uncontrolled Keywords: SALES, MENJALIN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN, PASCA PEMBELIAN, MOBIL FORTUNER, PERUSAHAAN AUTO2000
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Pemasaran
Creators:
CreatorsEmail
LESTARI SINARING PUTRI, 041310313011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEdwin Fiatiano, S.Sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Mar 2017 17:28
Last Modified: 09 Aug 2017 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item