PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL DI KALANGAN SISWA SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang)

ELISA ROKHIMATUL UMA, 071211632014 (2017) PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL DI KALANGAN SISWA SMA (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Quipper School sebagai Media Pendukung Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FULL - PEMANFAATAN QUIPPER SCHOOL-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Quipper School merupakan salah satu platform pembelajaran online atau elearning yang bersifat open source yang dapat diakses oleh siapa saja termasuk guru dan siswa, yang bertujuan untuk merevolusi cara belajar dan berbagi pengetahuan dengan memanfaatkan internet mobile. Quipper School terdiri dari dua bagian yaitu QLink yang diperuntukkan bagi guru dan Q-Learn yang diperuntukkan bagi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan tentang pemanfaatan e-learning Quipper School yang digunakan oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri Jombang (MAN Jombang) sebagai sarana pendukung kegiatan belajar. Dalam penelitian ini menggunakan teori model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dari Venkatesh et. al (2003) yang digunakan untuk mengukur penerimaan dan penggunaan sistem informasi baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Hasil analisis yang diperoleh memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa MAN Jombang telah menerima dan memanfaatkan Quipper School dengan baik di sekolah. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa siswa MAN Jombang memiliki tingkat ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas yang mendukung yang tergolong tinggi dengan nilai rata-rata skor sebesar 4,05 untuk variabel ekspektasi kinerja, 4,075 untuk variabel ekspektasi usaha, 4,00 untuk variabel pengaruh sosial, dan 3,57 untuk variabel kondisi fasilitas yang mendukung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 79/16 Uma p
Uncontrolled Keywords: Quipper School, e-learning, cara belajar, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT).
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELISA ROKHIMATUL UMA, 071211632014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYUNUS ABDUL HALIM, S.SI.,M.KOMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 17:39
Last Modified: 09 Aug 2017 23:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item