PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN KELUARGA PENDERITA KANKER

Ibrahim Bian Wahjudi, 071211632016 (2017) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI KESEHATAN KELUARGA PENDERITA KANKER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Ibrahim.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan keluarga penderita memiliki peran penting bagi penderita kanker ketika menjalani proses pengobatan kanker. Stres yang menimpa penderita kanker jika tidak diatasi maka akan semakin memperburuk kedaan penderita. Stres yang dialami penderita muncul karena ketidaktahuan penderita terhadap hal-hal yang berkaitan dengan penyakit kanker. Salah satu yang dapat mengatasi permasalahan stres tersebut adalah memberikan dukungan-dukungan kepada penderita. Dukungan-dukungan tersebut dapat diwujudkan dengan penemuan informasi kesehatan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyakit kanker. Akan tetapi tidak semua keluarga penderita bersedia untuk melakukan penemuan informasi sebagai upaya memberi dukungan kepada penderita. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang bekembang ketika keluarga penderita terlibat dalam penemuan informasi untuk penderita, dukungan-dukungan yang diberikan, dan perilaku penemuan informasi kesehatan keluarga penderita kanker. Untuk menjawab hal-hal tersebut peneliti menggunakan kerangka berpikir erich fromm dan Sigmund Freud mengenai eksistensi manusia, lalu bentuk dukungan sosial dari Cutrona, dan kerangka berpikir Health Information Behavior milik Lambert et. al. dan Perilaku Penemuan Informasi dari Wilson. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan cara mengikuti prosedur snowball sampling. Sedangkan pengumpulan data dilkukan dengan cara observasi dan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Penelitian ini menghasilkan tiga tipologi yaitu exhaustively active-ongoing seeking, egoistic passive seeking, dan rationally changing active-ongoing seeking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 83/16 Wah p
Uncontrolled Keywords: motif keluarga penderita, dukungan keluarga penderita, perilaku penemuan informasi keluarga penderita, exhaustively active-ongoing seeking, egoistic passive seeking, dan rationally changing active-ongoing seeking.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ibrahim Bian Wahjudi, 071211632016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 22:55
Last Modified: 24 Jun 2019 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item