MAKNA MEMBACA KARYA SASTRA LAMA(Studi Tentang Produksi Dan Reproduksi Makna Membaca Karya Sastra Lama Di Kalangan Anak Muda Urban Dalam Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus)

Amelia Tri Mawarni, 071211632012 (2017) MAKNA MEMBACA KARYA SASTRA LAMA(Studi Tentang Produksi Dan Reproduksi Makna Membaca Karya Sastra Lama Di Kalangan Anak Muda Urban Dalam Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Amelia Tri Mawarni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kegiatan membaca kini tidak dipandang sebagai sarana pemenuhan informasi dalam memenuhi kebutuhan saja tetapi membaca merupakan kegiatan yang digemari oleh anak muda perkotaan (urban) untuk memanfaatkan waktu luang. Wilayah perkotaan sebagai lahan tumbuh suburnya budaya populer mendorong anak muda untuk berbondong-bondong menggemari bacaan populer sebagai bacaan untuk mengisi waktu luang, namun di tengah-tengah bacaan populer yang semakin masive masih terdapat anak muda yang menggemari bacaan sastra lama khususnya novel. Mereka yang masih menggemari novel sastra lama adalah anak muda yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (OMEK). Novel sastra lama yang bagi kebanyakan orang merupakan bacaan yang berat dan sulit, ternyata tidak demikian yang dirasakan oleh anak muda ini, bagi mereka bacaan sastra merupakan bacaan yang menghibur dan menghilangkan kepenatan beraktifitas. Perbedaan yang dirasakan ini berkaitan dengan makna yang dihasilkan melalui proses pemaknaan ketika membaca. Studi kualitatif ini berusaha mengungkap produksi dan reroduksi makna di balik aktifitas membaca novel sastra lama yang dilakukan oleh anak muda urban yang tergabung dalam OMEK. Studi ini menggunakan metode etnografi yang meminjam prespektif cultural studies (cultural studies etnografi) yang terpusat pada eksplorasi kualitatif aktifitas membaca sebagai praktik kebudayaan. Dengan dibantu teori Ranah, Habitus dan Modal Budaya milik Pierre Bordieu studi ini mengungkap bagaimana pemaknaan yang dilakukan oleh anak muda urban dipengaruhi oleh Modal yang dibekalkan oleh OMEK sebagai suatu ranah. Studi ini menghasilkan tiga tipogi pembaca novel sastra lama yaitu common reader, contructional reader, dan resistance reader.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 84/16 Maw m
Uncontrolled Keywords: produksi makna, membaca sastra lama, anak muda urban, cultural studies etnografi, pleasure reading
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Amelia Tri Mawarni, 071211632012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 23:01
Last Modified: 24 Jun 2019 06:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item