“Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behavior) Mahasiswa Pencinta Alam” (Study Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Airlangga dalam Menentukan Tujuan Wisata Alam)

Fitri Faradesa Duri, 071411623023 (2017) “Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behavior) Mahasiswa Pencinta Alam” (Study Deskriptif Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Airlangga dalam Menentukan Tujuan Wisata Alam). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULL_TEXT70-min.pdf

Download (900kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kajian di bidang perilaku pencarian informasi (information searching behaviour) telah banyak dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu. Sebagian besar penelitian tersebut dilakukan pada sejumlah populasi yang berbeda karakteristikanya satu sama lain. Sehingga penelitian dibidang perilaku pencarian informasi tersebut menghasilkan berbagai model atau pola. Model atau pola perilaku penemuan informasi yang dihasilkan biasanya akan menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya. Pada dasarnya model perilaku pencarian informasi yang dihasilkan oleh beberapa peneliti hanya berlaku pada populasi yang menjadi objek penelitian. Hal ini yang menyebabkan hasil penelitian tersebut tidak dapat diberlakukan kepada semua orang, kecuali telah melalui penelitian lanjutan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi para peneliti di bidang perilaku pencarian informasi melakukan berbagai penelitian pada obyek yang berbeda-beda dan memiliki karakteristik tertentu. Banyak penelitian yang meneliti tentang pola perilaku pencarian informasi tetapi memiliki subjek yang berbeda-beda dan memiliki karakteristik tertentu. Namun yang membuat penelitian kali ini berbeda adalah penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pencinta alam Wanala Universitas Airlangga dalam menetukan wisata alam dimana mahasiswa disini adalah mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam berorganisasi. Model perilaku pencarian informasi yang mejadi rujukan dalam penelitian ini adalah model informasi searching behaviour David Ellis. Tahapan perilaku pencarian informasi tersebut terdiri dari Starting (awalan), Chaining (menghubungkan), Browsing (menelusur), Differentiating (pemilahan), Monitoring (memantau), Extracting (menggali).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 88/16 Dur p
Uncontrolled Keywords: perilaku pencarian informasi, mahasiswa pencinta alam, Wanala
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Fitri Faradesa Duri, 071411623023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRI SOESANTARI, DRA.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 23:50
Last Modified: 26 Jan 2018 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55070
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item