Tingkat Kepercayaan Terhadap Sebuah Website (Studi Deskriptif Kepercayaan Pengguna Website WinPoin.com Dengan Menggunakan Online Trust)

Imam Yahya, 071211632001 (2016) Tingkat Kepercayaan Terhadap Sebuah Website (Studi Deskriptif Kepercayaan Pengguna Website WinPoin.com Dengan Menggunakan Online Trust). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (COVER-DAFTAR PUSTAKA)
Fis. IIP. 91-16 Yah t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologiinformasipada era informasi yang semakin pesat mempengaruhi perubahan di berbagai bidang. Perubahan itulah yang menuntutmasyarakat, khususnya pengguna internet untuk mempunyai kemampuan literasi dalam memperoleh informasi.Dari yang semula mencari informasi bergantung pada perpustakaan, namun pada era informasi ini masyarakat dalam literasinya banyak yang menggunakan internet sebagai media pemenuhan kebutuhan literasinya. Sejalan dengan itu, banyak pula konten-konten yang terdapat pada internet ialah tidak kredibel, dalam artian konten dalam internet tidak dapat di percaya. Untuk mengatasi hal ini dalam pencarian informasi oleh pengguna maka aspek dari kepercayaan menjadi aspek paling utama dalam pencarian informasi, apakah informasi yang dimuat dalam internet dapat di pertanggung jawabkan ataukah tidak. Pencarian informasi khususnya pada kelompok tertentu, seperti pada pengguna perangkat bersistem operasi windows mempunyai kelompoknya tersendiri, hal ini di karenakan informasi yang dibutuhkan juga spesifik. Untuk itu di butuhkan sebuah website yang dapat memenuhi kebutuhan para pengguna perangkat bersistem operasi windows. Mengenai hal ini WinPoin ialah sebuah website yang menyediakan informasi mengenai teknologi maupun perangkat bersistem operasi windows. Penelitian ini ingin mengetahui gambaran kepercayaan pengguna pada website WinPoin mengenai aspek kepercayaan online(Online Trust) yang dilihatdaritiga komponen utama teori Kepercayaan Online (Online Trust) yaitu Kredbilitas (Credibility), Kemudahan Penggunaan (Ease of Use), dan Risiko (Risk). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode snowball sampling. Jumlah responden yang diambil sebesar50 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa pengguna secarakeseluruhanpercaya bahwawebsite WinPoin ialah dapat di percaya dan kredibel dalam menyampaikan informasinya yang dilihatdari kesesuaian dari asumsi teori Kepercayaan Online (Online Trust). Dari ketiga variabel Kepercayaan Online (Online Trust )yaitu sebagai berikut :Kredibilitas (Credibility) dengan besar skor 4,04, Kemudahan Pengguna (Ease of Use) dengan besar skor4,22, dan Risiko (Risk) dengan skor 1,66 yang menunjukkan dimensi risiko sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 91-16 Yah t
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Online, Online Trust, Website, Windows Portal Indonesia (WinPoin), Kredibilitas (Credibility), Kemudahan Penggunaan (Ease of Use), Risiko (Risk)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Imam Yahya, 071211632001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:14
Last Modified: 21 Mar 2017 01:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item