PERAN GURU SLB NEGERI GEDANGAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA DISABILITAS

BAYU OKTAVIANTO, 071116012 (2016) PERAN GURU SLB NEGERI GEDANGAN DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA DISABILITAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. IIP. 92-16 Okt p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Literasi Informasi berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mendapatkan suatu informasi. Kemampuan inilah yang menentukan kualitas dari informasi yang didapat orang tersebut, tidak terkecuali siswa disabilitas. Peran guru sebagai pembimbing, pendidik, maupun pengajar diharapkan bisa patuh terhadap skenario, mampu memenuhi tugas atau perannya sesuai dengan tuntutan masyarakat karena guru merupakan salah satu posisi di dalam masyarakat yang tugasnya adalah untuk menambah wawasan dan informasi anak didiknya. Untuk menumbuhkan kemampuan literasi anak didiknya, para guru juga harus mengerti, memahami dan bisa menerapkan kemampuan literasi terlebih dahulu. Penelitian ini menggambarkan tentang peran guru di SLB Negeri Gedangan dalam menumbuhkan kemampuan literasi informasi siswa disabilitas. Penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana kemampuan literasi informasi para guru di SLB Negeri Gedangan dengan menggunakan The Big6 Skills. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Langkah pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran para guru di SLB Negeri Gedangan terlihat sudah dapat memenuhi faktor-faktor peran, seperti guru sebagai motivator, guru sebagai mediator, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai evaluator. Para guru mampu menerapkan dan memahami tahap definisi tugas, tahap strategi penemuan informasi, tahap lokasi dan akses, tahap penggunaan informasi, tahap sintesis informasi, dan tahap evaluasi hasil dari The Big6 Skills.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 92-16 Okt p
Uncontrolled Keywords: Peran guru, literasi informasi, disabilitas, the big6 skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
BAYU OKTAVIANTO, 071116012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFitri Mutia, A.K.S., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:21
Last Modified: 21 Mar 2017 01:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item