PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI HABIS KONTRAK DAN RAWAT INAP BAGI PEMEGANG POLIS DI AJB BUMIPUTERA 1912 SURABAYA

RERE AFRILLA BYAN KURNIA, 041310513048 (2016) PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI HABIS KONTRAK DAN RAWAT INAP BAGI PEMEGANG POLIS DI AJB BUMIPUTERA 1912 SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK FV MPK 14-16 Kur p-min.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT FV MPK 14-16 Kur p-min.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pembahasan dan pengamatan selama praktik kerja lapangan di Bagian Administrasi dan Keuangan Kantor Wilayah AJB Bumiputera 1912, maka beberapa simpulan yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut: 1. Klaim asuransi menurut PERATURAN DIREKSI AJB BUMIPUTERA 1912 NO.PE.2/DIR/TEK/2011 merupakan suatu tuntutan atas hak dari pemegang polis atau yang ditunjuk kepada AJB Bumiputera 1912 atas sejumlah pembayaran uang pertanggungan atau nilai tunai atau sebagaian nilai tunai yang timbul dengan memenuhi persyaratan tertentu sebagaimana tertuang dalam perjanjian asuransinya. 2. Penerima klaim yaitu pemegang polis atau yang ditunjuk yang namanya tercantum dalam polis. 3. Jenis-jenis klaim asuransi dibagi menjadi tiga jenis yakni Asuransi Jiwa Perorangan, Asuransi Jiwa Kumpulan, dan Asuransi Jiwa Syariah. 4. Klaim Habis Kontrak merupakan pembayaran manfaat asuransi kepada pemegang polis berupa manfaat awal pada saat jangka waktu perjanjian asuransinya sudah berakhir dan polis dalam keadaan berlaku. Sedangkan Klaim Rawat Inap merupakan pembayaran manfaat asuransi berupa pembayaran sejumlah tertentu sebagai penggantian biaya rawat inap kepada pemegang polis apabila peserta menjalani perawatan menginap di Rumah Sakit dan polisnya dalam keadaan berlaku. 5. Faktor penentu dalam proses pengambilan keputusan pembayaran klaim asuransi adalah keabsahan/kebenaran data-data klaim yang diajukan dan kelengkapan berkas pengajuan klaim oleh pemegang polis sesuai dengan peraturan yang ditetapkan AJB Bumiputera 1912. 6. Klaim yang sudah dibayarkan maka harus diarsip. Kantor Wilayah mengarsip seluruh dokumen klaim yang dilakukan di Kantor Wilayah. Arsip dimasukkan ke dalam kardus yang ditandai dengan Nama Kantor Cabang dan tanggal pengajuan klaim yang disimpan dalam gudang. Arsip yang sudah berumur 5 tahun di Kantor Wilayah maka harus dikirimkan kepada Kantor Pusat AJB Bumiputera 1912 di Jakarta.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV MPK 14/16 Kur p
Uncontrolled Keywords: KLAIM; ASURANSI; KONTRAK; POLIS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8075-8107 Insurance business. Insurance management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RERE AFRILLA BYAN KURNIA, 041310513048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSedianingsih, Dr. , S.E., M.Si., Ak., CA, CMAUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 21 Mar 2017 16:04
Last Modified: 24 Aug 2017 20:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item