PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK-ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA SURABAYA

SUCI FIBRIANTI, 071211631096 (2016) PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK-ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. IIP. 96-16 Fib p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemampuan literasi dini pada anak usia TK sangat penting bagi prestasi anak. TK merupakan salah satu lembaga pendidikan membantu untuk memaksimalkan perkembangan anak, termasuk dalam mengembangkan literasi dini pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran guru dalam mengembangkan literasi dini pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe desktiptif. Lokasi penelitian ditentukan dengan cara multistage sample, terdiri dari 10 TK dengan sampel total sebanyak 65 guru. Berdasarkan hasil penelitian dilihat dari peran guru sebagai edukator guru telah mengajak anak melakukan kegiatan yang dapat membantu mengembangkan kemampuan literasi dini pada anak seperti print motivation, phonological awareness, vocabulary, print awareness, narrative skills dan letter knowledge. Sebagai motivator 87,7% guru selalu memberikan motivasi kepada siswa dalam setiap kegiatan. Sebagai fasilitator 100% sekolah memiliki koleksi buku bacaan yang memadai. Sebagai innovator, guru sudah melakukan kegiatan innovatif seperti melakukan permainan mencari kata sebagai kegiatan inovatif yang dilakukan guru untuk mengenalkan huruf pada siswa. Sebagai demonstrator 46,2% guru sering menulis atau membaca di depan siswa. Sebagai pengelola kelas, 100% guru telah menyediakan kondisi lingkungan sekolah yang memadai dalam mengenalkan huruf dan angka pada siswa. Sebagai pembimbing 83,1% guru memberitahukan pada orang tua anak, dan meminta orang tua untuk ikut membantu anak belajar ketika anak mengalami kesulitan dalam pelajaran. Sebagai evaluator guru melakukan evaluasi 61,5% dengan mengamati dan menilai perkembangan anak pada setiap kegiatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 96-16 Hil a
Uncontrolled Keywords: Peran guru, literasi dini, pendidikan, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
SUCI FIBRIANTI, 071211631096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRagil Tri Atmi, S.IIP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2017 17:00
Last Modified: 21 Mar 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55093
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item